Brilio.net - Ketupat merupakan hidangan yang terbuat dari beras yang dibungkus anyaman daun kelapa muda. Makanan ini identik disajikan saat momen khusus seperti Hari Raya Idul Fitri dan juga Idul Adha. Dihidangkan sebagai pengganti nasi dengan tekstur lembutnya, ketupat begitu nikmat disantap bersama opor ayam, gulai, sambal goreng ati dan menu lainnya.

Rupanya untuk menghasilkan ketupat yang lembut dan empuk, membutuhkan proses memasak yang cukup lama. Umumnya perebusan ketupat membutuhkan waktu sekitar 3-5 jam. Dalam proses ini, perebusan ketupat harus sering dicek dan ditambah air panas. Tujuannya, agar ketupat benar-benar matang sempurna.

Lantaran prosesnya yang panjang dan memakan banyak waktu, tak sedikit orang akhirnya memilih membeli ketupat yang sudah matang. Namun, jika kamu ingin mencoba bikin ketupat sendiri, rupanya ada teknik lain yang bisa dicoba. Salah satunya dengan menggunakan panci presto saat merebus ketupat.

Selain menghemat waktu, pengunaan panci presto juga bikin hemat gas. Tak hanya itu, tekstur yang dihasilkan dari ketupat juga jadi empuk dan pulen. Tapi bagi kamu yang tak memiliki panci presto, jangan khawatir, karena ada trik lain yang tak kalah ampuh untuk bikin ketupat cepat matang.

Bahkan cara ini bisa bikin ketupat awet dan tidak basi hingga 2 hari. Trik yang dibagikan pengguna Instagram bernama @annisamauluddin ini cuma butuh waktu 40 menit untuk bikin ketupat. Memasak ketupat dengan cara ini juga bikin hemat gas.

"Saya pakai 15, 30, 15, 30, 10. Jadi waktu ngrebus ketupatnya cuma 40 menit saja," ujarnya, dilansir BrilioFood dari Instagram @annisamauluddin pada Selasa (11/6).

40 Menit waktu perebusan ini rupanya dibagi menjadi 3 tahap, yakni 15 menit awal untuk merebus ketupat, lalu matikan api dan diamkan 30 menit. Kemudian 15 menit berikutnya merebus kembali, setelah itu diamkan rebusan ketupat selama 30 menit, dan terakhir direbus lagi 10 menit.

foto: Instagram/@annisamauluddin

Wanita tersebut membagikan langkah demi langkah cara bikin ketupat ini. Pertama siapkan 500 gr beras yang sudah dicuci bersih dan direndam selama 1 jam. Perendaman ini bertujuan supaya beras mudah mengembang saat dimasak. Setelah satu jam tiriskan.

Selanjutnya isi ketupat 3/4 bagian, atau sesuaikan beras yang digunakan. Jika beras pulen, isikan 3/4 volume ketupat untuk hasil yang padat. Sedangkan kalau ingin agak lembek bisa diisi 1/2 lebih sedikit. Lakukan hingga semua ketupat terisi, kemudian ikat ketupat jadi satu.

foto: Instagram/@annisamauluddin

Setelah itu rebus air di dalam panci dan pastikan airnya cukup sampai ketupat terendam. Masukkan ketupat ke dalam air mendidih. Tunggu hingga mendidih lalu mulai hitung rebus selama 15 menit dengan api besar.

foto: Instagram/@annisamauluddin

Kemudian matikan api. Diamkan selama 30 menit tanpa membuka tutup panci. Setelah diamkan 30 menit, buka tutupnya dan cek airnya. Jika air menyusut bisa ditambahkan air panas hingga ketupat terendam semua.

foto: Instagram/@annisamauluddin

Nyalakan lagi api kompor, tunggu mendidih. Setelah mendidih, rebus ketupat selama 15 menit dengan api sedang, ya. Lalu matikan api kompor dan diamkan 30 menit tanpa buka tutup panci. Nyalakan api kompor dan tunggu mendidih, setelah mendidih rebus 10 menit.

Setelah itu, angkat dan tiriskan dengan cara digantung supaya ketupat tidak berair dan mudah basi. Ambil sebagian jika ingin dikonsumsi, sementara sisanya bisa disimpan di freezer dengan cara dibungkus rapat pakai plastik. Kalau ingin dikonsumsi, barulah dikeluarkan secukupnya dan hangatkan dengan cara dikukus selama 30 menit.

foto: Instagram/@annisamauluddin

Sejak diunggah pada 8 April 2024 lalu, video milik @annisamauluddin telah disukai lebih dari 4.5 ribu orang. Rupanya, tak sedikit warganet yang telah mencoba trik bikin ketupat dengan cara yang dibagikan @annisamauluddin ini.

"Aku sudah coba resepnya mantap ketupatnya," tulis akun @almeermubarak.

"Saya sudah nyobain resep ini dan berhasil jadi gak boros gas," pungkas akun @annizumar.

"Lebaran kemarin suamiku bikin pake metode ini sampe 3hr...THN ini jd ga perlu beli ketupat Mateng deh," ujar akun @wnlilis.

 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Annisa Mauluddin (@annisamauluddin)