Brilio.net - Iga sapi merupakan salah satu bagian daging yang digemari banyak orang karena rasanya yang lezat. Selain nikmat, ternyata iga sapi juga memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh. Menurut stubbys.com, iga sapi mengandung protein, vitamin, dan mineral yang dapat menjadi sumber energi, menjaga kesehatan jantung, serta menguatkan otot. Hal ini membuat iga sapi tidak hanya enak dinikmati, tetapi juga bermanfaat untuk kesehatan.

Iga sapi dapat diolah menjadi berbagai hidangan lezat seperti iga bakar, sup iga, gulai iga, atau sop konro. Namun, salah satu tantangan dalam mengolah iga sapi adalah proses memasaknya yang memerlukan waktu dan teknik khusus agar dagingnya empuk. Jika tidak diproses dengan benar, daging iga sulit dipisahkan dari tulang dan terasa alot saat dikunyah. Umumnya, banyak orang menggunakan panci presto dan memerlukan waktu yang cukup lama untuk memastikan iga sapi menjadi empuk.

Berbeda dengan cara memasak yang biasa, seorang pengguna TikTok bernama Disty (@humdistychannels) membagikan metode yang lebih praktis untuk membuat iga sapi empuk tanpa perlu menggunakan panci presto. Dengan cara ini, iga sapi bisa empuk dalam waktu sekitar 20 menit saja. Selain membuat daging lebih lembut, teknik merebus ala Disty ini juga mampu menghilangkan bau amis pada iga sapi, membuatnya lebih sedap untuk disantap.

"Siapkan air yang banyak," jelas TikTok @humdistychannels, dikutip BrilioFood pada Kamis (19/9).

Setelah air tersebut dimasukkan ke panci, masukkan pula potongan iga sapi satu per satu ke dalamnya. Disty kali ini menggunakan 1 kilogram iga sapi. Selanjutnya, masukkan juga sejumlah bumbu aromatik untuk membantu mengusir bau amis iga sapi, seperti jahe, daun salam, cengkeh, dan pala. Tutup pancinya, nyalakan api, dan rebus selama 10 menit.

"10 menit dihitung dari air mendidih," tegas Disty.

foto: TikTok/@humdistychannels

Setelah 10 menit, matikan api dan diamkan iga sapi di dalam panci tertutup selama 30 menit. Usai didiamkan, nyalakan kembali api kompornya dan lanjutkan proses perebusan selama 10 menit. Jika sudah, matikan api kompor dan diamkan lagi iga sapinya di dalam panci tertutup tersebut supaya hasil daging benar-benar lembut.

"Diamkan 1 jam baru bisa dibuka," kata pemilik akun TikTok @humdistychannels.

foto: TikTok/@humdistychannels

Kalau sudah dibiarkan selama 1 jam, air rebusannya bisa dibuang dan iga sapi siap dibumbui serta dimasak jadi hidangan sesuai selera.