Jika sudah direbus 7 menit, jengkol bisa diangkat dan ditiriskan. Bilas jengkol sambil kupas kulitnya, setelah itu jengkol siap disantap ataupun dimasak lagi jadi hidangan apapun sesuai selera. Dijamin, jengkol ini sudah super empuk dan bebas bau, lho.

foto: YouTube/Nofia putri

Gimana, simpel banget kan trik merebus jengkol agar hemat gas ini? Mengintip unggahan YouTube Nofia putri yang sudah ditonton 209 ribu kali, tak sedikit warganet meninggalkan komentar antusias ataupun membagikan trik lain seputar merebus jengkol.

"Klu sy pake sereh, salam dan kopi ka," tulis YouTube @rinaldi5161.

"Assalamualaikum warahmatullahi mbak salam kenal salam santun dari Indramayu. Mbak kalau sy ch ngrbus nya pake daun pandan. Sama daun salam," sebut YouTube @bundajtb5321.

"Mari kita berbagi pengalaman ,klw saya mah merebus jengkol tuh rebus jengkol pake daun salam yg banyak kasih garem kasi soda kue 1sdk teh,kasi garam secukupnya sampai empuk ,makasih resep rebus jengkol yg mba buat akan saya coba," tutur YouTube @omahgarut566.

 

Cara menyimpan jengkol.

Cara penyimpanan jengkol harus diperhatikan, karena aromanya bisa menyebar ke mana-mana. Di sisi lain, menyimpan jengkol juga harus diperhatikan agar bahan ini tidak mudah membusuk. Berikut cara menyimpan jengkol yang bisa kamu praktikkan di rumah.

1. Bungkus dengan plastik atau wadah tertutup.

Simpan jengkol dalam wadah tertutup atau bungkus dengan plastik kedap udara. Ini membantu mengurangi penyebaran bau.

2. Tambahkan jeruk nipis.

Sebelum disimpan, rendam jengkol dalam air yang dicampur dengan perasan jeruk nipis. Jeruk nipis dapat membantu mengurangi bau jengkol.

3. Rendam dalam air garam.

Rendam jengkol dalam air garam selama beberapa jam sebelum disimpan. Air garam dapat membantu mengurangi bau jengkol.

4. Simpan dalam kulkas.

Simpan jengkol dalam kulkas untuk mengurangi bau yang menyebar. Pastikan jengkol dibungkus rapat untuk mencegah bau menyebar ke makanan lain dalam kulkas.

5. Tambahkan daun salam.

Letakkan beberapa lembar daun salam bersama jengkol saat disimpan. Daun salam dapat membantu mengurangi bau tidak sedap.

6. Cuci dengan air garam.

Sebelum dimasak, cuci jengkol dengan air garam untuk membantu menghilangkan sebagian bau.

7. Rebus sebelum disimpan.

Rebus jengkol sebentar sebelum disimpan. Ini bisa membantu mengurangi bau sebelum jengkol disimpan.