Trik merebus daging ayam kampung agar cepat empuk tanpa presto.

"Tips cara merebus agar daging ayam kampung cepat empuk," ucapnya, dikutip BrilioFood dari YouTube Resep Masakan Sederhana.

foto: YouTube/Resep Masakan Sederhana

Pertama-tama, siapkan 1 ekor ayam kampung yang sudah dipotong-potong. Di sisi lain, rebus air terlebih dahulu di panci. Banyaknya air bisa disesuaikan dengan ukuran atau porsi ayam yang akan dimasak, ya. Setelah itu, tutup panci supaya air lebih cepat mendidih.

foto: YouTube/Resep Masakan Sederhana

Saat air mulai mendidih, masukkan dua ruas jempol jahe yang sudah digeprek. Tambahkan juga 1 1/2 sdt garam agar rasa daging ayam kampung lebih gurih.

"Penambahan jahe ini tujuannya supaya ayam tidak amis dan juga mempercepat proses pengempukkan ayam kampung tersebut," ungkap pengguna YouTube tersebut.

foto: YouTube/Resep Masakan Sederhana

Setelah air benar-benar mendidih, masukkan potongan ayam kampung. Pastikan semua bagian daging ayam terendam sempurna, ya.

Setelah mendidih, tutup panci dan rebus ayam selama 5 menit. Setelah itu, matikan kompor dan diamkan selama 30 menit dalam kondisi panci masih tertutup.

"Suhu panas dari sisa perebusan tadi akan melanjutkan proses pematangan sehingga daging ayam jadi lebih empuk," imbuhnya.

foto: YouTube/Resep Masakan Sederhana

Nah, setelah didiamkan selama 30 menit, nyalakan lagi api kompor. Rebus kembali ayam kampung selama 10 menit dalam kondisi panci tertutup. Jika sudah, matikan lagi api kompor dan daging ayam kampung sudah bisa diangkat.

Hasilnya, daging ayam kampung yang sudah direbus dengan metode ini benar-benar empuk, lho. Bahkan sampai mengelupas sebagian dagingnya seperti di presto.

Gimana, mudah dan praktis banget kan trik satu ini? Video cara merebus daging ayam kampung yang diunggah oleh pengguna YouTube Resep Masakan Sederhana ini sudah ditonton sebanyak 73 ribu kali, lho. Beberapa warganet juga turut merespons video tersebut melalui kolom komentar.

"Trimakasiiihhh banyaaak ya bun...q berhasil pake cara ini," kata akun @cakmet6058.

"Good share. Terimakasih ilmunya," tutur akun @nenamaimanah6341.

"Beneran empuk, thank u," kata akun @karmahadid.

 

Cara menghilangkan bau amis pada daging ayam kampung.

Untuk menghilangkan bau amis pada daging ayam kampung, kamu dapat melakukan langkah-langkah berikut.

1. Direndam dengan air garam atau air jeruk nipis.

Rendam potongan daging ayam kampung di dalam air garam atau air jeruk nipis selama beberapa menit sebelum mencucinya. Hal ini dapat membantu mengurangi bau amis.

2. Direndam dengan larutan air dan cuka.

Rendam daging ayam dalam campuran air dan cuka (perbandingan 1:1) selama 15-30 menit sebelum mencuci. Cuka dapat membantu menghilangkan bau amis.

3. Gunakan baking soda.

Lumuri daging ayam dengan sedikit baking soda dan biarkan selama 15-30 menit sebelum mencuci. Pastikan untuk membersihkan baking soda secara menyeluruh sebelum dimasak.

4. Direndam dengan susu atau air garam.

Rendam daging ayam dalam susu atau air garam selama beberapa jam sebelum dimasak. Susu atau garam dapat membantu mengurangi bau amis.

5. Tambahkan bahan aromatik saat memasak.

Saat memasak daging ayam, tambahkan bahan aromatik seperti bawang putih, bawang merah, jahe, atau rempah-rempah lainnya yang dapat membantu menyamarkan bau amis.

6. Gunakan bahan penghilang bau.

Saat memasak, tambahkan bahan penghilang bau seperti daun salam, serai, atau daun jeruk untuk membantu mengurangi bau amis.

7. Pastikan daging ayam dalam kondisi segar.

Pilih daging ayam yang segar dan simpan dalam kondisi yang baik sebelum dimasak. Daging yang sudah tidak segar atau sudah terlalu lama dapat memiliki bau amis yang kuat.