Brilio.net - Sebagai sumber utama karbohidrat, nasi putih memberikan energi yang dibutuhkan tubuh untuk beraktivitas sepanjang hari. Meskipun populer dan disukai banyak orang, nasi putih juga sering menjadi sorotan, karena kandungan kalorinya yang tinggi dan indeks glikemiknya yang dapat memengaruhi kadar gula darah.

Namun, dengan berbagai cara pengolahan dan pemilihan porsi yang tepat, nasi putih tetap dapat menjadi bagian dari pola makan yang sehat dan seimbang. Pada dasarnya, ada sebuah trik khusus yang bisa dilakukan saat menanak nasi untuk menurunkan kandungan kalori di dalamnya. Tak tanggung-tanggung, kalori dalam nasi putih bisa turun hingga 50% jika dimasak dengan baik.

Seorang chef sekaligus konter kreator bernama Aaron Laksana melalui salah satu unggahannya di Instagram memperlihatkan triknya. Dilansir BrilioFood dari akun Instagram @aaron_laksana pada Senin (12/8), Chef Aaron mengaku menambahkan tiga bahan dapur saat menanak nasi, yakni minyak kelapa, daun pandan, dan daun salam. Ketiga bahan dapur tersebut dapat menurunkan kandungan kalori pada nasi putih.

foto: Instagram/@aaron_laksana

Cara pakainya pun cukup mudah. Siapkan beras putih, lalu cuci bersih. Setelah itu, pindahkan ke inner pot atau panci rice cooker. Kemudian beri air dengan takaran yang sama seperti saat menanak nasi biasa. Selanjutnya, masukkan 3 lembar daun salam yang sudah dicuci bersih.

"Daun salam ini bagus banget buat menjaga imun tubuh dan untuk menjaga gula darah. Bisa juga buat nurunin kolesterol," terang Chef Aaron.

foto: Instagram/@aaron_laksana

Jika sudah diberi tambahan daun salam, masukkan 2 sdm minyak kelapa. Sebaiknya gunakan minyak kelapa murni atau VCO (Virgin Coconut Oil). Setelah itu, tambahkan selembar daun pandan yang sudah diikat agar semakin wangi.

foto: Instagram/@aaron_laksana

Nah, beras yang sudah diberi bahan-bahan tambahan tadi bisa langsung diaduk-aduk. Barulah pindahkan inner potnya ke dalam rice cooker, lalu masak beras seperti biasa sampai matang. Nantinya, beras yang sudah matang dan menjadi nasi bisa langsung dikonsumsi atau didinginkan terlebih dahulu agar lebih sehat.

"Jadi menurut penelitian, minyak kelapa itu bagus banget kalau dimasak berbarengan dengan nasi karena dia bisa memangkas hingga 50% kalori di nasi," jelas Instagram @aaron_laksana lebih lanjut.

foto: Instagram/@aaron_laksana

Menurut Jurnal Gizi Pangan yang dilansir dari journal.ipb.ac.id, menanak nasi dengan menambahkan sedikit minyak kelapa, lalu mendinginkannya sebelum dikonsumsi, dapat mengurangi jumlah kalori yang tersedia secara signifikan. Proses ini bekerja dengan mengubah struktur pati dalam nasi menjadi bentuk yang lebih tahan dicerna, yang dikenal sebagai pati resisten.

Pati resisten tidak mudah dipecah oleh enzim pencernaan manusia, sehingga tubuh menyerap lebih sedikit kalori dari nasi tersebut. Ketika nasi didinginkan setelah dimasak dengan minyak kelapa, kandungan pati resistennya meningkat. Hal tersebut akan membuat nasi jadi lebih rendah kalori, dibandingkan nasi yang dimasak dengan cara biasa dan langsung dikonsumsi dalam kondisi hangat.

Ditonton lebih dari 433 ribu kali, unggahan tentang trik menanak nasi ini sontak menuai atensi warganet. Banyak pengguna Instagram lain yang turut memberikan tanggapan langsung di kolom komentar. Banyak yang mengungkapkan terima kasih karena mendapat ilmu baru yang bermanfaat.

"Udh lakuin masak nasi pake minyak kelapa murni sejak thn 2019," ujar Instagram @echywidya.

"Siap... insyaallah besok dicoba ka," sahut Instagram @uripah__.

"Thanks tipsnya chef," papar Instagram @mldjull_.

"Sdh sy lakukan tp sy jg simpan kulkas lg..sampai jd es trus kukus lg," tulis akun Instagram @lestarilestari1965.

"Makasih sudah berbagi info," komentar akun Instagram @kartinisadimin6.