Trik bersihkan sandal selop dekil dan kusam ini bikin kinclong.

Nah, bahan dapur yang dimaksud adalah sabun cuci piring. Selain itu, dia juga menggunakan cairan pemutih untuk membersihkan sandal selop yang dekil dan kusam.

foto: YouTube/Rumah Abecelo

Pertama-tama, campur cairan pemutih dan sabun cuci piring di wadah kecil. Lalu aduk-aduk menggunakan sikat gigi bekas. Supaya hasilnya maksimal, kedua bahan ini tidak perlu dicampur air lagi, ya.

Selanjutnya, oleskan cairan pembersih ini ke permukaan sandal dekil yang masih kering (jadi tidak dibilas terlebih dahulu). Sembari dioles, gosok-gosok menggunakan sikat gigi bekas. Lakukan proses ini secara merata sampai semua kotorannya benar-benar luntur.

foto: YouTube/Rumah Abecelo

"Ini cukup disikat-sikat halus saja, jangan terlalu kasar karena bahan sandalnya lembut sekali. Jadi tidak boleh asal-asalan sikatnya. Dan sikatnya juga harus pakai yang lembut biar sandalnya tidak rusak atau bolong-bolong," ujar YouTube Rumah Abecelo.

Setelah disikat, diamkan dulu selama beberapa saat agar kotorannya semakin luruh. Barulah kemudian bilas dengan air bersih dan jemur sampai kering. Nah, dengan begitu, tampilan sandal selop jadi lebih kinclong. Bahkan warna sandal ini kembali putih seperti baru.

foto: YouTube/Rumah Abecelo

Unggahan tentang trik bersihkan sandal selop ini sontak menuai perhatian dan telah ditonton lebih dari 1.000 kali. Siapa sangka, banyak warganet yang tertarik dan turut membanjiri kolom komentar dengan berbagai macam tanggapan. Sebagian besar warganet ini mengaku trik tersebut sangat bermanfaat untuk dipraktikkan.

"Wah benar benar jadi baru lagi trimaksih bunda buat ilmunya," kata YouTube @wongdusun-ug9sd.

"Wah berguna juga sabun cuci piring ampuh juga buat bersihin sandal," papar YouTube @Amysekti.

"wah kebetulan sekali ad sandal yg kotor blm dicuci.. jd pengen saya praktekan lgsg nih.. terimakasih banyak ya kk atas tutorialnya," sahut YouTube @dapoermamamimi.

"ilmu yg bermanfaat. Semoga Allah memberikan keberkahan," tutur YouTube @myurit3444.

"Jadi kinclong ya bund sandalnya," ujar YouTube @BUNGA-tw4nh.

 

Tips mengatasi sandal yang mengerut dan kekecilan.

Mengatasi sandal yang mengerut dan terlalu kekecilan bisa menjadi masalah yang cukup menjengkelkan. Berikut adalah beberapa tips untuk mengatasi masalah tersebut.

1. Gunakan cairan pembersih dan sikat.

Bersihkan sandal dengan cairan pembersih dan sikat lembut untuk membersihkan kotoran dan debu yang mungkin membuat sandal mengerut.

2. Jangan gunakan air panas.

Hindari mencuci sandal dengan air panas karena dapat menyebabkan sandal mengerut.

3. Gunakan pembesar sepatu.

Jika sandal terlalu kekecilan, gunakan pembesar sepatu yang tersedia di toko sepatu untuk memperbesar ukuran sandal.

4. Gunakan karet elastis.

Jika sandal terlalu kecil di bagian tali, tambahkan karet elastis di bagian tali sandal untuk memberikan sedikit ruang tambahan.

5. Gunakan kaus kaki tipis.

Jika sandal terlalu kecil di bagian alas kaki, cobalah menggunakan kaus kaki tipis untuk memberikan sedikit ruang tambahan.

6. Rendam dalam air dingin.

Jika sandal terbuat dari bahan yang aman untuk direndam, rendam sandal dalam air dingin selama beberapa menit untuk membantu mengembalikan bentuk aslinya.

7. Gunakan pembuka pintu.

Jika bagian sandal yang mengerut adalah bagian depan, gunakan pembuka pintu atau benda keras lainnya untuk membantu mengembalikan bentuknya.

8. Simpan dengan benar.

Simpan sandal di tempat yang tidak terkena panas atau sinar matahari langsung untuk mencegah mengerutnya sandal.

9. Pilih sandal yang sesuai.

Hindari menggunakan sandal yang terlalu kecil atau terlalu besar untuk ukuran kaki Anda agar tidak mengalami masalah mengerut atau kekecilan.