Brilio.net - Lumut dapat merusak dinding dan lantai rumah. Salah satu penyebab utama lumut adalah kelembapan yang tinggi. Ketika permukaan dinding atau lantai, yang berbahan semen sering terkena air maupun jarang terpapar sinar matahari, lumut akan dengan mudah tumbuh. Selain karena lembap, kurangnya ventilasi juga memperburuk situasi tersebut.

Biasanya dinding atau lantai yang berlumut bisa jadi licin, hingga keropos. Selain itu, lumut yang menumpuk akan membuat permukaan dinding dan lantai jadi kehijauan. Hal ini memang bisa terjadi ketika lumut sudah terlalu menumpuk di satu tempat dan tidak segera dibersihkan.

Pada dasarnya, lumut bisa dibersihkan dengan cara disikat. Namun jika telanjur menumpuk, butuh trik khusus untuk membersihkannya. Beruntungnya, seorang pengguna YouTube TERA TEKNIK pernah membagikan trik cepat hilangkan lumut di dinding dan lantai.

Dilansir BrilioFood dari YouTube TERA TEKNIK pada Minggu (14/7), dia mengaku mengandalkan satu bahan dapur, yakni baking soda. Selain itu, ada satu bahan tambahan lain berupa sitrun. Meski tak diberi campuran pemutih, kedua bahan ini bisa sangat ampuh menghilangkan lumut dengan maksimal.

foto: YouTube/TERA TEKNIK

Caranya pun mudah. Siapkan mangkuk kecil terlebih dahulu. Setelah itu, masukkan baking soda secukupnya. Lalu masukkan juga satu sachet sitrun ke dalam mangkuk. Barulah kemudian tuang sedikit air dan langsung aduk-aduk.

foto: YouTube/TERA TEKNIK

Selanjutnya, celupkan kuas ke dalam mangkuk. Lalu oleskan ke dinding atau lantai yang berlumut. Dalam video tersebut, pengguna YouTube TERA TEKNIK mengaplikasikan ke lantai berbahan semen. Jika sudah dioleskan merata, diamkan selama beberapa menit terlebih dahulu agar cairan pembersihnya meresap.

foto: YouTube/TERA TEKNIK

Setelah didiamkan sesaat, gosok-gosok lantai menggunakan sikat. Campuran sitrun dan baking soda yang sudah meresap ke dalam lumut akan membuatnya lebih mudah. Nggak heran jika kemudian lumut di lantai jadi lebih mudah hilang atau luntur saat disikat.

Sembari disikat, jangan lupa bilas sesekali dengan air. Jika dirasa masih ada lumut yang membandel, kamu bisa mengoleskan cairan tadi. Lalu ulangi sikat lantai sampai benar-benar bersih.

foto: YouTube/TERA TEKNIK

Selain diracik terlebih dahulu. Kamu bisa langsung menaburkan sitrun dan baking soda ke lantai. Setelah kedua bahan tadi ditaburkan, ratakan dan diamkan sesaat. Barulah kemudian sikat seperti di proses awal tadi. Dijamin lumut tebal membandel akan langsung hilang.