Brilio.net - Kamar mandi termasuk area rumah yang selalu lembap, sehingga rentan kotor dan berkerak. Tingginya kelembapan pada kamar mandi membuat area tersebut mudah ditumbuhi jamur. Biasanya kerak dan jamur ini akan menempel di sejumlah bagian kamar mandi, seperti keramik di lantai atau dinding.

Kerak dan jamur di keramik kamar mandi jadi noda yang sulit sekali dibersihkan. Dalam beberapa kasus, cairan pembersih porselen saja tidak ampuh mengangkat noda tersebut. Oleh sebab itu, banyak orang memutar otak untuk menghilangkan noda tersebut.

Beruntungnya, seorang pengguna Instagram bernama @ratnatjahyo pernah membagikan trik sederhana ketika membersihkan kerak dan jamur di keramik kamar mandi. Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku hanya menggunakan bahan-bahan sederhana. Namun dengan bahan ini, kerak dan jamur di kamar mandi bisa hilang meski tanpa disikat, lho.

Dilansir BrilioFood dari akun Instagram @ratnatjahyo pada Sabtu (6/7), bahan pembersih yang dipakai adalah sitrun. Sementara itu, ada juga satu bahan tambahan lain yang berasal dari dapur, yakni sabun cuci piring. Nah, campuran kedua bahan ini bisa sangat ampuh mengangkat noda membandel di keramik kamar mandi.

foto: Instagram/@ratnatjahyo

Cara pakainya, siapkan air panas terlebih dahulu. Setelah itu, tuang ke wadah lalu campur dengan 1 bungkus sitrun serta sabun cuci piring. Aduk-aduk semua bahan sampai tercampur rata.

foto: Instagram/@ratnatjahyo

Selanjutnya, aplikasikan cairan ini ke keramik kamar mandi menggunakan kuas. Untuk kerak membandel, kamu bisa mengulangi proses pembersihannya hingga 4 kali menggunakan kuas. Lakukan proses ini sambil bilas keramik sesekali.

foto: Instagram/@ratnatjahyo

Nah, jika masih ada noda jamur yang tidak hilang, kamu bisa menggunakan kapas dan pemutih pakaian. Cukup basahi kapas dengan pemutih, lalu tempelkan ke area keramik yang berjamur. Kompres hingga 4 jam, lalu usap dan buang kapasnya. Dengan begitu, jamur di keramik akan hilang sempurna.

Gimana, cukup mudah, bukan? Kamu bisa menggunakan trik ini untuk membersihkan kerak di bagian lain, seperti WC. Dengan cara yang sama, dijamin WC atau kloset akan lebih kinclong dan bersih lagi.

Video tentang trik bersihkan kerak dan jamur ini telah ditonton lebih dari 24 ribu kali di Instagram. Siapa sangka, banyak pengguna Instagram lain yang tertarik dan turut memberikan tanggapan lain di kolom komentar. Sebagian besar warganet ini mengaku takjub dengan hasil kamar mandi yang jadi lebih kinclong.

"Langsung kinclong mba," tulis akun Instagram @hanatafamily.

"Jd resik banget mba kamar mandi cakep," ujar Instagram @windy_prihatini.

"Kalo keramik warna gelap bisa ga ya?" tanya akun Instagram @nirma_handewi.

"keramik bisa kak asal bukan granit," jawab pengguna Instagram @ratnatjahyo.