Brilio.net - Ikan termasuk salah satu bahan makanan yang kaya akan nutrisi. Sebagai sumber protein berkualitas tinggi, ikan kaya dengan asam lemak omega-3 yang bermanfaat bagi kesehatan jantung dan otak. Nggak heran jika kemudian ada banyak orang memilih ikan sebagai menu makan sehari-hari.

Namun perlu diketahui bahwa memilih ikan yang hendak dikonsumsi juga tidak boleh sembarangan. Ikan yang segar memiliki kandungan gizi lebih padat. Selain itu, ikan segar juga lebih mudah diolah dan nggak amis.

Sayangnya, tidak dapat dipungkiri bahwa dalam beberapa kasus, ikan segar tidak selalu tersedia di pasar. Alhasil, tidak ada pilihan lain selain membeli ikan yang dijual. Oleh sebab itu, kamu perlu mengolahnya dengan trik khusus untuk menghilangkan bau amis menyengat yang ada di ikan.

Beruntungnya, seorang pengguna Instagram @ummubalqishaura pernah membagikan trik mengolah ikan yang kurang segar. Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku ikan yang kurang segar biasanya akan lembek. Nah, ikan lembek ini bisa diolah lagi agar kembali segar dengan satu jenis minuman.

Dilansir BriliFood dari Instagram @ummubalqishaura pada Senin (12/8), minuman yang dimaksud adalah teh. Lebih tepatnya, gunakan teh biasa tanpa tambahan bahan kimia, pemanis, atau bahan tambahan lain. Hal tersebut akan membuat ikan lebih higienis dan sehat saat dikonsumsi.

"Teh hitam atau teh hijau umumnya aman," ujar Instagram @ummubalqishaura.

foto: Instagram/@ummubalqishaura

Cara penggunaan teh ini pun cukup mudah. Pertama-tama, seduh teh dengan air. Tak perlu air hangat, kamu bisa menyeduhkan dengan air biasa suhu ruang. Setelah itu, siapkan ikan yang sudah dicuci bersih dan tata di dalam wadah.

foto: Instagram/@ummubalqishaura

Selanjutnya, tuang air teh tadi ke dalam wadah berisi ikan. Pastikan ikan terendam sempurna, ya. Setelah itu, diamkan 10-15 menit. Jika sudah didiamkan, tiriskan ikan dan bilas dengan air bersih. Ikan yang sudah direndam teh ini jadi lebih kesat dan bebas bau amis. Selain itu, teksturnya juga nggak lembek, sehingga lebih mudah dimasak.

"kandungan teh bisa membuat ikan menjadi segar lagi karna mengandung tanin yang mempunyai sifat antibakteri yang mengurangi penyebab bau pada ikan," kata Instagram @ummubalqishaura.

foto: Instagram/@ummubalqishaura

Sejak diunggah pada Sabtu (10/8) lalu, video tentang trik mengolah ikan ini telah ditonton lebih dari 2 juta kali. Banyak pengguna Instagram lain yang mengaku baru tahu trik tersebut. Melalui kolom komentar, mereka lantas hendak langsung mencobanya di rumah.

"Wah ga letoy lg ikannya," ujar Instagram @shakha.homey.

"masyaalllah sgt bermanfaaat," papar Instagram @inspirasi__masak.

"suka bgt salah beli ikan udah gk seger mksh tipsnya mba," sahut Instagram @ekarusmaliananew.

"Mau nyoba umm," tulis akun Instagram @ns.defiwulandari.

"Tips nya bermanfaat banget, kadang beli ikan suka lupa beli jeruk nipis atau lemon, bikin males krna harus ke warung lagi," komentar akun Instagram @dalanova.bekasi