Brilio.net - Kucing memang dikenal sebagai hewan lucu dan ramah anak, sehingga jadi peliharaan pilihan banyak orang. Namun, salah satu kendala yang kerap dialami saat memelihara kucing adalah mengatasi kotorannya. Sekalipun sudah ada pasir yang disiapkan untuk tempat kotoran, namun tetap ada bau yang ditimbulkan. Bau kotoran kucing seperti ini tentu mengganggu dan bikin seluruh ruangan terkontaminasi.

Pada dasarnya, masalah ini bisa diatasi dengan sejumlah cara. Pertama dengan menyediakan ruangan khusus untuk kucing di rumah. Kedua, kamu bisa menggunakan pasir khusus penyerap bau kotoran, sehingga ruangan steril.

Namun perlu diketahui bahwa metode-metode tersebut membutuhkan biaya lebih. Padahal tahu nggak sih? Kamu bisa menghilangkan bau kotoran kucing dengan cara yang lebih sederhana. Cara ini pernah digunakan oleh pemilik akun YouTube Hewanecom melalui salah satu video yang diunggah.

Dilansir BrilioFood pada Sabtu (15/6), alih-alih membangun ruangan atau menggunakan pasir khusus, dia justru mengandalkan bahan-bahan dapur. Nah, bahan dapur yang dimaksud adalah kopi, soda kue, dan cuka. Jadi, ketika bahan ini bisa membantu menghilangkan bau tak sedap dari kotoran kucing, lho.

foto: YouTube/Hewanecom

Melalui video berdurasi 21 detik tersebut, pengguna YouTube Hewanecom mengaku menggunakan bahan-bahan dapur ini secara terpisah. Caranya, cukup taburkan bubuk kopi atau soda kue di permukaan pasir tempat kucing buang kotoran. Tapi pastikan kotoran kucingnya sudah dibuang terlebih dahulu, ya. Lalu taburkan secara merata dan diamkan beberapa menit.

foto: YouTube/Hewanecom

Nah, untuk penggunaan cuka, kamu bisa menggunakan campuran air. Jadi cukup campur cuka dan air dengan takaran sesuai selera. Setelah itu, siram atau semprotkan air cuka ini ke permukaan pasir tersebut. Dengan begitu, pasir yang sudah diberi bahan dapur ini cenderung bisa menetralisir bau kotoran yang ada di dalamnya.

Pada dasarnya, kopi dan soda kue memiliki sifat penyerap bau. Partikel soda kue dan kopi dapat menyerap sekaligus menetralisir molekul bau, sehingga dapat mengurangi bau tak sedap. Selain itu, soda soda bersifat basa (alkalin), yang dapat menetralkan asam pada kotoran kucing dan mengurangi bau yang ditimbulkan oleh senyawa asam.

foto: YouTube/Hewanecom

Di sisi lain, cuka juga punya peran sebagai antibakteri alami. Nah, sifat antibakteri pada cuka ini akan membantu membunuh bakteri penyebab bau di pasir atau tempat kotoran kucing. Hal ini penting sekali karena bakteri adalah salah satu sumber utama dari bau tidak sedap.

Unggahan tentang cara menghilangkan bau kotoran kucing ini telah ditonton lebih dari 29 ribu kali di YouTube. Nggak heran jika kemudian ada banyak orang tertarik dengan unggahan tersebut. Bahkan beberapa di antaranya mengaku tertarik untuk mencoba trik ini secara langsung.