Brilio.net - Hama di rumah seringkali menjadi masalah yang mengganggu kenyamanan dan kebersihan lingkungan tempat tinggal. Berbagai jenis hama, seperti serangga, tikus, dan bahkan hewan amfibi seperti kodok, bisa bikin rumah jadi nggak nyaman. Kodok, yang biasanya hidup di lingkungan berair, seringkali masuk ke halaman rumah, terutama saat musim hujan atau ketika ada genangan air.

Meskipun tidak berbahaya, kehadiran kodok di halaman rumah bisa menjadi gangguan, terutama karena suaranya yang keras dan berpotensi masuk rumah. Masuknya kodok ke halaman rumah dapat disebabkan oleh beberapa faktor, seperti kondisi lingkungan yang lembap atau adanya kolam dan genangan air yang menarik bagi spesies ini.

Selain itu, kodok juga tertarik pada serangga yang banyak ditemukan di sekitar lampu atau tanaman di halaman. Lokasi tersebut jadi sasaran empuk, karena banyak sumber makanan bagi kodok. Untuk mengatasi masalah kodok yang sering masuk ke halaman rumah, perlu dilakukan beberapa langkah pencegahan.

Menjaga kebersihan halaman, mengurangi genangan air, dan meminimalkan sumber makanan bagi kodok adalah beberapa cara efektif untuk mengurangi kehadiran mereka. Selain itu, kamu juga bisa mencegah dan mengusir kodok menggunakan bahan-bahan dapur. Seperti yang diperlihatkan pengguna akun Instagram @indah3yani.

foto: Instagram/@indah3yani

Lewat salah satu unggahannya, ia membagikan trik mengusir kodok di halaman rumah menggunakan bahan sederhana, yakni garam dan jahe. Kedua bahan ini zat khusus yang bisa mengusir dan mencegah katak masuk ke halaman rumah.

Dilansir BrilioFood dari Instagram @indah3yani pada Rabu (28/8), cukup siapkan seruas jahe dan cuci sampai bersih. Tanpa perlu dikupas kulitnya, langsung iris-iris jahe sampai tipis. Setelah itu, pindahkan ke dalam wadah.

foto: Instagram/@indah3yani

Selanjutnya, tambahkan garam agak banyak ke dalam wadah tersebut. Setelah itu, aduk-aduk sampai kedua bahan ini tercampur rata. Dengan begitu, bahan ini siap digunakan untuk mengusir kodok. Cara pakainya, langsung taburkan jahe dan garam di seluruh bagian halaman rumah yang kerap didatangi kodok, seperti taman dan tembok rumah.

foto: Instagram/@indah3yani

Pada dasarnya, garam dan jahe bisa mengusir kodok dari halaman rumah karena sifat kedua bahan tersebut tidak disukai oleh kodok. Garam, ketika ditaburkan di area yang sering didatangi kodok, dapat membuat kulit mereka mengalami iritasi. Kodok memiliki kulit yang lembap dan sensitif terhadap garam, sehingga kontak dengan garam menyebabkan rasa tidak nyaman yang mendorong mereka untuk menjauh.

Sedangkan jahe memiliki aroma kuat dan pedas yang juga tidak disukai oleh kodok. Aroma ini mengganggu indera penciuman kodok, sehingga membuat mereka merasa tidak nyaman dan enggan mendekati area yang telah diberi jahe. Oleh karena itu, menggunakan garam dan jahe di area-area tertentu di halaman rumah bisa menjadi cara efektif untuk mencegah kodok masuk dan mengusir mereka dari lingkungan sekitar rumah.