Sandal jepit putus menjadi masalah yang mengganggu, terutama ketika terjadi di saat-saat tidak tepat. Bukan tanpa sebab, sandal jepit putus biasanya tidak bisa digunakan lagi. Kondisi ini bisa membuat pemakainya merasa tidak nyaman dan terganggu menjalani aktivitas.

Penyebab putusnya sandal jepit bisa bervariasi. Mulai dari kualitas material kurang baik, terlalu sering dipakai, hingga dari penggunanya kurang hati-hati. Ketika sandal jepit putus, langkah-langkah darurat perlu diambil untuk mengatasi masalah ini, seperti memperbaiki sementara dengan alat yang tersedia.

Untuk mengatasi sandal jepit putus, sebagian orang biasanya menggunakan tali atau bahkan paku untuk menahan bagian yang putus. Dalam beberapa kasus, langkah ini memang ampuh mengatasi sandal jepit putus. Namun ada dampak lain yang ditimbulkan, yakni adanya potensi cedera kaki karena bisa terkena paku atau bahkan tergores tali.

Supaya lebih aman, kamu bisa menggunakan trik yang dibagikan oleh pengguna Instagram @desi_daily. Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku hanya mengandalkan sampah dapur untuk mengatasi sandal jepit putus. Nah, sampah dapur bikin sandal jepit bisa langsung dipakai lagi, lho.

Dilansir BrilioFood dari Instagram @desi_daily pada Rabu (7/8), sampah dapur yang dimaksud adalah seal merah atau karet tabung gas. Jadi, karet tabung gas yang sudah tidak terpakai bisa dimanfaatkan untuk mengatasi sandal jepit putus, lho. Caranya pun cukup mudah.

 

Instagram/@desi_daily.vlog

Pertama-tama, siapkan karet gas dan belah jadi dua bagian. Pastikan kamu jangan memotong bagian tengahnya atau sampai lubangnya terputus. Setelah itu, rapikan menggunakan gunting hingga bentuk atau ukurannya lebih lebih tipis.

Instagram/@desi_daily.vlog

Selanjutnya, masukkan ujung tali sandal yang putus ke lubang permukaan sandal. Barulah masukkan juga ujung tali sandal tersebut ke lubang karet gas. Jadi, karet gas ini akan digunakan untuk menahan ujung tali sandal supaya tidak putus.

Instagram/@desi_daily.vlog

Agar semakin menempel, jangan lupa rekatkan tali sandal dan karet gas menggunakan lem. Setelah diberi lem, diamkan dulu selama 5 menit sampai lemnya mengering. Dengan begitu, tali sandal dan karet gas akan semakin melekat kuat.

Instagram/@desi_daily.vlog

Ketika lemnya sudah mengering, sandal jepit bisa digunakan kembali seperti biasa. Kamu tak perlu khawatir ada yang mengganjal karena karet gas sudah dibelah hingga ukurannya lebih tipis. Jadi, bagian bawah sandal akan terasa lebih tipis dan lebih nyaman digunakan.

Cara ini sangat praktis dan cocok diterapkan jika kamu hendak memperbaiki sandal jepit yang putus. Prosesnya pun cenderung cepat karena hanya butuh 5 menit saja hingga sandal siap digunakan lagi. Selain itu, kamu nggak perlu khawatir ada bagian yang melukai kulit kaki karena karet gas cenderung aman tidak memiliki ujung yang tajam seperti benang atau pun paku. Gimana? Apa kamu tertarik mencobanya juga?