Brilio.net - Paku biasa dan paku baja adalah dua jenis paku yang sering digunakan dalam konstruksi bangunan. Kedua jenis paki ini memiliki perbedaan signifikan dalam hal bahan, kekuatan, dan aplikasi. Paku biasa umumnya terbuat dari besi atau baja rendah karbon yang mudah didapat dan harganya pun murah. Jenis paku ini sering digunakan untuk pekerjaan ringan seperti memasang kayu atau bahan lain yang tidak membutuhkan kekuatan tinggi.

Di sisi lain, paku baja biasanya terbuat dari baja karbon tinggi atau baja paduan yang lebih kuat dan tahan terhadap tekanan. Paku jenis ini lebih mahal, namun memberikan keuntungan dalam hal ketahanan dan kekuatan, sehingga cocok digunakan untuk konstruksi yang memerlukan daya tahan tinggi, seperti pembuatan struktur logam atau pekerjaan beton. Keunggulan lainnya adalah paku baja lebih tahan terhadap korosi dibandingkan paku biasa, membuatnya ideal untuk penggunaan luar ruangan atau di lingkungan yang lembap.

Dilihat dari bahannya, paku baja tentu lebih kokoh dari paku biasa. Oleh sebab itu, paku baja cenderung tidak mudah bengkok saat digunakan. Berbeda dengan paku biasa yang biasanya memiliki ukuran lebih kecil dan mudah bengkok.

trik mengubah paku biasa jadi paku baja
YouTube/IDE KREATIF CHANNEL

Tapi jika di rumah cuma ada paku biasa, kamu bisa mengubahnya jadi paku baja yang lebih kuat, lho. Ada sebuah trik yang bisa dilakukan untuk mengubah hal tersebut. Trik ini pernah dipraktikkan oleh pengguna YouTube IDE KREATIF CHANNEL. Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku hanya menggunakan satu bahan dapur. Dilansir BrilioFood pada Selasa (22/10), bahan dapur yang dimaksud adalah garam.

trik mengubah paku biasa jadi paku baja
YouTube/IDE KREATIF CHANNEL

Namun, sebelum diberi garam, paku tersebut harus dipanaskan terlebih dahulu. Sembari dipanaskan, siapkan garam dan air dalam gelas. Aduk-aduk sampai garamnya larut dalam air dengan sempurna.

Jika paku sudah panas dan berwarna merah, langsung ambil menggunakan bantuan tang. Lalu celupkan paku ini ke dalam air garam. Langsung celupkan paku ini dalam kondisi masih panas, ya. Rendam sebentar sampai pakunya mulai dingin.

trik mengubah paku biasa jadi paku baja
YouTube/IDE KREATIF CHANNEL

Nah, paku yang sudah direndam bisa langsung ditiriskan. Lalu keringkan terlebih dahulu. Jika sudah, paku ini siap digunakan. Dalam video tersebut, pengguna YouTube IDE KREATIF CHANNEL langsung menggunakannya untuk memaku tembok yang keras. Paku ini langsung membuat temboknya berlubang dan nggak bengkok.

"Temboknya sangat keras, tapi pakunya tembus," papar YouTube IDE KREATIF CHANNEL.

Telah ditonton lebih dari 31 ribu kali, video tentang trik mengubah paku biasa ini sontak menuai atensi warganet. Banyak pengguna YouTube lain yang kemudian mengungkapkan terima kasih karena mendapat ilmu baru yang bermanfaat. Hal ini diungkapkan langsung melalui kolom komentar video tersebut.

"Oke terima kasih... Keren cara pakunya," ujar YouTube @BengkelIdeKreatif.

"Mantap, Terima kasih," papar YouTube @kangntyschannel6264.

"Terimakasih atas invo nya pak," tulis akun YouTube @RustamTom-j7k.