Dilansir BrilioFood dari YouTube Super Indo pada Selasa (13/6), iris terlebih dahulu daging sengkel yang akan dipakai untuk empal. Dalam video tersebut, dia menggunakan 1/2 kilogram daging sengkel yang kemudian dipotong dengan ukuran tebal. Nah, supaya dagingnya mudah, sebaiknya potong daging berlawanan arah dengan arah seratnya. Nggak cuma bikin proses memotong jadi lebih mudah, cara ini juga bisa membuat daging cepat empuk, lho.

foto: YouTube/Super Indo

Setelah itu, siapkan bumbu halusnya. Gunakan 5 siung bawang merah, 3 siung bawang putih, 3 butir kemiri, 1 sdt ketumbar, 2 cm jahe, dan 2 cm lengkuas yang dihaluskan dengan 3 sdm minyak goreng. Lalu langsung tumis bumbu halusnya tanpa menggunakan minyak lagi.

Tambahkan 1 batang serai geprek, 2 cm lengkuas geprek, dan 3 lembar daun salam. Aduk sampai wangi. Barulah kemudian masukkan daging yang sudah dipotong-potong tadi. Aduk-aduk sampai merata di seluruh bagian daging.

foto: YouTube/Super Indo

Jika sudah wangi, masukkan 3 sdm gula merah yang sudah diiris, 1 sdm garam, dan 1 sdm asam Jawa sebagai bumbunya. Lalu tuang 100 ml santan kental dan 300 ml air. Aduk-aduk lagi sampai tercampur rata.

foto: YouTube/Super Indo

Lanjut tutup pancinya dan ungkep daging selama 30 menit saja. Setelah 30 menit, air dan santan akan menyusut karena meresap ke dalam daging. Tekstur daging juga lebih empuk.

Kamu bisa langsung menyantap empal daging ini untuk lauk makan. Atau bisa juga dimasak lagi jadi empal gepuk. Caranya, ambil satu daging, lalu geprek sampai pipih.

foto: YouTube/Super Indo

"Nggak digeprek juga gapapa sih, karena teksturnya sudah empuk, gitu. Ini biar bentuknya bagus kayak di restoran-restoran, gitu," jelasnya.

Nah, empal yang sudah digeprek ini bisa langsung digoreng untuk dikonsumsi. Kamu bisa menggorengnya sampai garing sesuai selera. Dijamin hasil empal daging ini empuk dan bikin nagih. Cocok disantap dengan sambal dan nasi putih hangat.

foto: YouTube/Super Indo

Selain dimakan langsung, empal yang sudah digeprek ini bisa juga dijadikan stok. Kamu bisa menyimpannya di dalam wadah kedap udara. Jangan lupa, letakkan di dalam freezer biar makin tahan lama.

"Aku biasanya buat stok 1 bulan. Kalau mau (dimakan), tinggal diambil dan digoreng aja," kata pengguna YouTube Super Indo.