Dilansir BrilioFood pada Sabtu (30/9), pengguna YouTube tersebut mengaku hanya mengandalkan dua bahan dapur saja, yakni baking soda dan cuka. Namun sebelum diaplikasikan, lepas dulu tungku dari kompornya agar lebih mudah dibersihkan.

foto: YouTube/Food and Mom

Selanjutnya, letakkan tungku kompor di wastafel atau tempat untuk mencuci. Lalu taburi permukaan tungku kompor dengan baking soda secara merata. Jika sudah, siram menggunakan cuka makan secukupnya.

foto: YouTube/Food and Mom

Setelah itu, diamkan selama 10 menit saja. Menurut pengguna YouTube Food and Mom, kedua bahan ini tidak hanya membantu mengangkat kerak, namun juga karat di tungku kompor. Oleh sebab itu, tungku kompor bisa jadi semakin kinclong.

Jika sudah didiamkan, gosok tungku kompor menggunakan sikat. Dalam video tersebut, dia mengaku memakai sikat gigi bekas yang bisa lebih mudah menjangkau sela-sela tungku yang sempit. Karena kerak dan karatnya sudah lunak, maka penggosokan jadi semakin mudah.

foto: YouTube/Food and Mom

Selanjutnya, siram menggunakan air bersih sampai kotorannya hilang. Lalu tiriskan tungku kompornya. Agar cepat kering, lap menggunakan kain kering. Barulah kemudian pasang lagi tungku di bodi kompornya.

foto: YouTube/Food and Mom

Telah ditonton lebih dari 16 ribu kali, video milik pengguna YouTube Food and Mom ini sontak menuai atensi warganet. Banyak pengguna YouTube lain yang kemudian mengungkapkan terima kasih karena mendapat ilmu baru yang bermanfaat. Melalui kolom komentar, mereka mengaku ingin mencoba trik tersebut secara langsung.

"Alhamdulillah saya udah coba," papar YouTube @AhmadAhmad-xe6ej.

"Wah jadi mudah terimakasih ilmu nya bun salam kompak," sahut YouTube @bundaabi.

"Trima kasih tips nya bunda," ujar YouTube @cikbungakantan101.

"Wahh...berguna sekali ni tips nya..nanti bisa saya cuba ni..makasih ya," ungkap YouTube @pnfarhana.

"Tips yang bagus...thanks bunda," kata YouTube @herzianijchannel5163.