Brilio.net - Pastel mini telah menjadi salah satu camilan favorit banyak orang, baik untuk dinikmati sendiri maupun sebagai sajian di berbagai acara. Bentuknya yang kecil dan praktis membuatnya mudah untuk dimakan dalam satu gigitan, sementara isiannya yang beragam, mulai dari daging, ayam, sayuran, hingga telur, memberikan cita rasa yang kaya dan memuaskan. Kombinasi kulit yang renyah dan isian yang gurih menjadikan pastel mini sebagai pilihan camilan yang sulit ditolak.

Banyak orang memilih untuk menyimpan pastel mini sebagai stok camilan di rumah karena kepraktisannya. Pastel mini bisa disimpan dalam keadaan beku dan digoreng sewaktu-waktu saat dibutuhkan, menjadikannya camilan cepat saji yang selalu siap di saat lapar melanda. Selain menjadi camilan favorit, pastel mini juga memiliki potensi besar sebagai ide jualan yang menguntungkan.

Namun perlu diketahui bahwa pastel termasuk camilan yang bisa cepat basi jika tidak diolah dengan baik. Hal tersebut tentu akan membuat pastel cenderung kurang cocok dijadikan stok camilan atau bahkan ide jualan. Untuk mencegahnya, kamu bisa membuat pastel dengan trik tertentu.

Beruntungnya, seorang pengguna Instagram @asahid_tehyung pernah membagikan trik bikin pastel mini yang bisa tahan satu bulan lamanya. Dalam waktu satu bulan ini, pastel tetap lembut dan nggak bau tengik, lho. Pasalya, ada salah satu kunci khusus yang membuat pastel jadi lebih tahan lama.

Dilansir BrilioFood dari akun Instagram @asahid_tehyung pada Rabu (2/10), hal penting yang harus dilakukan adalah menghindari penggunaan telur. Pada dasarnya, telur akan membuat adonan pastel jadi lebih cepat bau tengik. Tak hanya itu, isian pastel yang digunakan juga harus kering. Dalam video tersebut, pengguna Instagram @asahid_tehyung ini memilih menggunakan abon.

foto: Instagram/@asahid_tehyung

Untuk cara membuatnya yang lebih jelas, campur 1 kg tepung terigu protein rendah, 3 sdt garam, 2 sdt gula, dan 1 sdt merica dalam wadah besar. Aduk-aduk rata. Lalu masukkan 200 gr mentega dan aduk-aduk lagi. Jika sudah masukkan 40 ml minyak goreng dan 400 ml air hangat yang dituang secara bertahan sambil diaduk.

foto: Instagram/@asahid_tehyung

Jika sudah tercampur rata, uleni adonan hingga kalis dan tidak lengket. Setelah itu, masukkan adonan ke dalam wadah kedap udara dan diamkan selama 20 menit. Barulah kemudian uleni lagi adonannya dan potong-potong jadi bagian kecil untuk kulit pastel.

"Ini rahasia biar kulit pastelnya lembut banget, uleni lagi adonan biar menyatu," kata Instagram @asahid_tehyung.

foto: Instagram/@asahid_tehyung

Nah, potongan adonan yang sudah disiapkan bisa langsung digilas tipis dan cetak bulat. Lalu beri isian abon kering, barulah kemudian tutup adonan. Rekatkan sisi samping dan pilin hingga bentuknya seperti keriting.

foto: Instagram/@asahid_tehyung

Pastel yang sudah dicetak bisa disimpan sebagai stok camilan. Atau kamu bisa langsung menggorengnya dalam minyak panas sampai kuning keemasan. Setelah itu, tiriskan sampai benar-benar kering. Nah, pastel yang sudah matang bisa dimasukkan ke dalam wadah kedap udara dan disantap sewaktu-waktu.

Telah ditonton lebih dari 1 juta kali, unggahan tentang trik bikin pastel ini sontak menuai perhatian warganet. Siapa sangka, banyak pengguna Instagram lain yang turut memberikan tanggapan langsung di kolom komentar. Sebagian besar warganet ini mengaku tertarik untuk mencobanya langsung.

"diliat liat enak juga nih, jadi pengin recook dan nyoba resepnya," papar Instagram @eri_anto202.

"kebetulan teh... aku py byk stock abon dr boyolali mksh y teh resepnya," sahut Instagram @keenantia_.

"Makasih teh sudah di share juga pastel mini kering isi abon," pungkas Instagram @nia028rife.

"cocok buat jualan trima kasih resepnya teh," tulis akun Instagram @sri.wahyuniyan64.

"Sy jual pastel tiap tanpa telur andonanya renya Alhmdulillah," komentar akun Instagram @srisuprabaratna.