Brilio.net - Beberapa waktu lalu, pengguna media sosial sempat dihebohkan dengan sebuah video yang memperlihatkan kulit semangka dijual di supermarket Jepang. Dalam potongan video tersebut, kulit semangka dijual dengan harga Rp2.000. Hal tersebut terlihat dari video yang dibagikan seorang WNI (Warga Negara Indonesia) di akun TikTok @sindangbeken1020 miliknya.

Tak hanya pengunggah video yang kaget, banyak warganet yang juga tak menyangka jika sampah tersebut memiliki nilai tinggi. Pasalnya, selama ini sebagian besar orang akan langsung membuang kulit semangka setelah memotong atau mengonsumsi buah segar di dalamnya. Memang tekstur kulit semangka yang keras kerap dianggap tidak dapat dikonsumsi.

foto: TikTok/@sindangbeken1020

Ternyata kulit semangka memang bisa diolah jadi masakan yang enak, lho. Seorang chef bernama Fajar Alam pernah membuktikannya melalui salah satu video yang diunggah. Konten kreator sekaligus jebolan MasterChef musim ke-6 ini membagikan proses memasak kulit semangka di akun Instagram @fajaralam_s. Dalam unggahan tersebut, dia hendak mengolah kulit semangka jadi menu tumisan.

Dilansir BrilioFood dari Instagram @fajaralam_s pada Jumat (16/8), hal pertama yang dilakukan adalah mengupas lapisan hijau pada kulit semangka. Kulit yang hijau ini tidak bisa dikonsumsi, sehingga harus dikupas dan dibuang. Jadi bagian yang dikonsumsi adalah putihnya saja.

foto: Instagram/@fajaralam_s

Setelah itu, iris tipis kulit semangka dengan bentuk kotak memanjang. Lalu sisihkan terlebih dahulu. Barulah kemudian, siapkan bumbu seperti bawang merah, bawang putih, dan cabai hijau. Kemudian iris tipis juga bawang dan cabai tersebut.

foto: Instagram/@fajaralam_s

Selanjutnya, tumis bawang putih dan bawang merah sampai harum. Lalu masukkan cabai hijau iris dan kulit semangka tadi. Tambahkan sedikit air, aduk-aduk dan tumis sebentar. Barulah kemudian tambahkan garam, gula pasir, dan penyedap rasa. Kemudian tumis lagi sampai benar-benar matang.

foto: Instagram/@fajaralam_s

Nah, tumis kulit semangka ini bisa langsung dipindahkan ke dalam piring saji. Saat dicicipi, Chef Fajar Alam mengaku bahwa rasa tumis kulit semangka ini cenderung mirip dengan pepaya muda atau labu siam yang lezat. Selain jadi tumisan, kulit semangka ini juga dapat dimasak jadi aneka menu lain

"Selain untuk osenga, bisa juga dibikin manisan, acar, dan lain-lain," papar Instagram @fajaralam_s.

Sejak diunggah pada Rabu (14/8) kemarin, video ini telah ditonton lebih dari 2 juta kali di Instagram. Siapa sangka, banyak warganet yang mengaku kerap mengonsumsi kulit semangka dan mengolahnya jadi berbagai macam menu masakan lain.

"Dimakan langsung juga enak chef, kaya timun rasanya, abis dikupas langsung digigit krenyes2," papar Instagram @iis9291.

"Biasanya aq bikin asinan," sahut Instagram @abirzafira.

"Dibikin acar enak. Garing banget," kata Instagram @mache.cooksperiment.

"Ini di tumis enak di buat sayur asem enak, saya sering bikin," tulis akun Instagram @ashiyah_ash.

Pernah coba bikin permen dari kulit semangka dan rasanya enak. Bisa dibikin kimchi jg tapi blm pernah coba," komentar akun Instagram @arumbairumbai.