Brilio.net - Membagikan konten saat makan sudah jadi hal biasa di media sosial, apalagi di kalangan kreator konten. Makan memang jadi momen paling menyenangkan untuk dilakukan sehari-hari. Hal ini juga kerap dilakukan oleh wanita akrab disapa Marisya lewat akun Instagram pribadinya @princessmarisya.

Namun, baru-baru ini Marisya justru mendapat komentar pro dan kontra dari warganet saat membagikan konten makan mi ayam yang dilengkapi pangsit. Dilansir BrilioFood pada Jumat (14/6), alih-alih langsung menggigit pangsitnya, wanita ini mencoba menyeka sisa minyak pada pangsit terlebih dahulu.

"Sebenarnya sebelum masuk ke lunch box (kotak makan) ini udah aku gini-giniin, sih. Makanya (minyaknya) tinggal sedikit, tapi kayak masih ada sisa-sisa mengilap, jadi yaudah kita hapus lagi," tuturnya sembari menyeka sisa minyak di pangsit menggunakan tisu.

foto: Instagram/@princessmarisya

Aksi menghapus minyak menggunakan tisu dilakukan Marisya inilah yang menuai kritikan. Banyak warganet dibuat geregetan dengan proses mengelap pangsit pakai tisu ala wanita ini, karena dianggap berlebihan atau lebay.

"Harusnya pangsit nya di keringin pake pengering mesin cuci, biar minyak nya ga nempel2 lagi," tulis Instagram @KuahSyeblakks.

"Pake handuk sih harusnya ," tutur Instagram @sakia_lh.

"Ribet gua mah mendingan nggak usah makan dah," imbuh Instagram @asyifa_yunadia.

foto: Instagram/@princessmarisya

Aksi Marisya mengelap minyak pada pangsit ini sebenarnya termasuk upaya mengurangi kalori yang masuk ke dalam tubuh. Sudah jadi rahasia umum kalau pangsit tergolong sebagai gorengan yang melewati proses deep fried atau menggoreng dengan minyak yang banyak. Dilansir dari healthline.com, gorengan menghasilkan kalori dan lemak jenuh cukup tinggi.

Jika dilihat dari mesin penghitung informasi gizi makanan di fatsecret.co.id, setiap lembar pangsit goreng polos mengandung 22 sampai 40 kalori, lho. Jika dikonsumsi dalam porsi besar atau bahkan berlebihan, otomatis kalori yang masih ke dalam tubuh juga semakin besar.

foto: Pixabay/Huahom

Lantas, apa sih risiko mengonsumsi gorengan deep fried berlebihan buat kesehatan? Ternyata, bisa memicu gangguan pada jantung, menyebabkan kanker, diabetes, sampai obesitas.

Nah, buat mengurangi jumlah minyak pada gorengan seperti pangsit, cara paling mudah pastinya dengan meniriskannya pakai saringan setelah digoreng. Kamu bisa meniriskannya selama 3 sampai 5 menit, atau bahkan lebih, sampai minyak pada gorengan benar-benar turun. Tak sampai situ saja, kamu juga bisa mencoba meniriskan minyak pada gorengan menggunakan alat bernama salad spinner. Alat ini biasa digunakan untuk meniriskan sisa air sayuran yang baru dicuci. Nah, saat gorengan dimasukkan dan diputar di dalam salad spinner, minyaknya akan luruh dari gorengan. Cara ini berlaku kalau kamu memasak gorengan itu sendiri. Kalau sebagai pihak yang siap makan alias konsumen gimana, dong?

Dilansir dari timesofindia.indiatimes.com, kamu tetap bisa mengandalkan tisu seperti yang dilakukan pengguna akun Instagram @princessmarisya untuk mengurangi minyak di pangsitnya. Tetapi, biar efektif menyerap minyak, sebaiknya gunakan tisu dapur atau khusus untuk makanan, karena lapisannya lebih tebal dan cepat menyerap minyak.