Dilansir BrilioFood dari TikTok @zona.check.out pada Selasa (26/12), alat yang dipakai adalah kantong kresek. Sedangkan untuk bahan dapur yang dimaksud yaitu baking soda, cuka, dan sabun cuci piring. Nah, bahan dapur ini nantinya akan digunakan sebagai cairan pembersih yang ampuh melunturkan debu pada kipas.

foto: TikTok/@zona.check.out

Untuk cara penggunaannya, cukup siapkan mangkuk kecil. Lalu tuang baking soda, cuka, dan sabun cuci piring secukupnya. Jika sudah, aduk-aduk sampai rata dan pindahkan ke dalam botol spray.

foto: TikTok/@zona.check.out

Selanjutnya, semprotkan cairan ini ke jaring-jaring kipas angin yang berdebu secara merata. Barulah kemudian tutup kipas menggunakan kantong kresek atau plastik. Nah, pastikan ukuran plastiknya lebih besar dari jaring-jaring kipas, ya.

Setelah tertutup rapat, langsung hidupkan kipas selama 5 menit. Nah, cairan tadi akan membantu melunturkan debu saat kipas menyala. Lalu debunya akan ditampung di kantong kresek tersebut.

foto: TikTok/@zona.check.out

Jika sudah, bukan kantong kreseknya. Di sana akan tampak ada debu menggumpal. Buang debu dan sasa cairan yang tertampung dalam kanto kresek tersebut. Setelah itu, gosok sebentar jaring-jaring kipas menggunakan spons kering. Dengan begitu, kipas akan semakin bersih dan bebas dari debu.

foto: TikTok/@zona.check.out

Video ini sudah ditonton lebih dari 208 ribu kali. Nggak heran jika kemudian ada banyak pengguna TikTok yang baru tahu dengan trik tersebut. Mereka lantas mengungkapkan terima kasih karena mendapat ilmu baru yang bermanfaat.