Brilio.net - Mencuci piring sudah jadi salah satu aktivitas sehari-hari untuk menjaga kebersihan sejumlah alat dapur dan alat masak. Setelah menikmati hidangan lezat, tumpukan piring kotor di wastafel menjadi pemandangan yang tidak bisa diabaikan. Oleh sebab itu, piring yang kotor harus segera dicuci sebelum benar-benar menumpuk.

Meksi sederhana, mencuci piring membutuhkan ketelatenan dan ketelitian agar semua peralatan makan bisa kembali bersih dari sisa makanan dan kuman. Bagi sebagian orang, hal ini bisa menjadi momen yang menyebalkan, terutama setelah memasak makanan besar atau pesta keluarga. Tumpukan sisa makanan yang berlemak juga jadi PR tersendiri yang cenderung sulit dibersihkan.

Proses mencuci piring seperti itu bisa semakin parah jika tempatnya terbatas, misalnya mencuci piring di teras belakang rumah dan bukan di wastafel. Dalam beberapa kasus, keterbatasan air membuat sejumlah orang perlu memasang selang untuk mengalirkan air saat hendak mencuci piring. Selain itu, selang yang digunakan juga harus dipegang terus menerus saat hendak membilas piring kotor. Momen merepotkan tersebut masih kerap dialami banyak orang.

Nah, pengguna akun Instagram @_88rahma melalui salah satu video yang diunggah, ia memperlihatkan dirinya yang hendak mencuci piring. Namun alih-alih menggunakan wastafel atau keran, dia justru menggunakan selang.

"Pengen cuci piring pakai wastafel, tapi belom punya," tulis Rahma dilansir BrilioFood dari Instagram @_88rahma pada Selasa (24/9).

foto: Instagram/@_88rahma

Namun uniknya, selang itu tidak dibiarkan tergeletak begitu saja. Wanita bernama Rahma tersebut menyematkan selang di atas kepalanya agar air yang mengalir bisa langsung digunakan membilas piring kotor yang sudah dicuci. Agar tak mudah terlepas, selang tersebut disematkan di sela-sela kerudung yang digunakan.

foto: Instagram/@_88rahma

Dengan cekatan, dia menggosok piring kotor menggunakan spons dan sabun cuci piring. Lalu dia langsung membilasnya dengan air yang mengalir dari selang di atas kepalanya. Nah, piring yang sudah bersih lantas diletakkan di dalam ember merah yang sudah disediakan.

Proses mencuci piring tersebut dilakukan terus menerus hingga kotorannya habis. Dibandingkan harus bolak-balik mengambil selang untuk membilas, cara ini memang cenderung lebih efektif dan efisien. Durasi cuci piringnya juga jadi lebih cepat, sehingga kamu nggak khawatir pegal meski cuci piring sambil duduk atau bahkan jongkok.

foto: Instagram/@_88rahma