Brilio.net - Rujak menjadi salah satu kuliner khas Nusantara yang digemari banyak orang. Aneka buah-buahan yang dipotong akan semakin lezat disantap dengan bumbu rujak yang gurih pedas. Bumbu rujak biasanya dibuat dari bahan dasar cabai, garam, petis, dan gula merah yang diulek sampai halus.

Di antara banyaknya buah, mangga menjadi salah satu buah yang kerap dipilih untuk rujak. Sebagian orang bahkan gemar mengonsumsi buah mangga yang masih mentah. Hal ini disebabkan rasanya yang masih asam dan teksturnya yang lebih renyah cocok dipadukan dengan sambal rujak.

Umumnya, buah mangga yang dikonsumsi sebagai rujak akan dipotong jadi ukuran lebih kecil. Potongan mangga tersebut kemudian dicocol dengan bumbu rujak yang lembut dan bertekstur seperti pasta. Tapi berbeda dengan cara makan yang ditunjukkan wanita pengguna Instagram @frypratama_aljufri ini.

Melalui salah satu video yang diunggahnya, wanita yang akrab disapa Fri ini menunjukkan momen saat ia makan rujak dengan santai. Namun berbeda dari orang pada umumnya, dia tidak menggunakan aneka bumbu untuk rujaknya. Fri justru hanya menggunakan kaldu bubuk sebagai bumbu rujaknya.

foto: Instagram/@frypratama_aljufri

Dilansir BrilioFood dari Instagram @frypratama_aljufri pada Kamis (1/8), Fri tampak menaburkan langsung kaldu bubuk tersebut ke permukaan mangga yang sudah dikupas. Mangga tersebut juga tidak dipotong dengan ukuran kecil. Dia hanya memotong mangga yang digenggamnya jadi dua bagian.

Uniknya lagi, ukuran mangga yang dikonsumsi lebih besar dari buah mangga pada umumnya. Dalam video tersebut, mangga yang disantap benar-benar jumbo. Saking besarnya, mangga tersebut tampak mirip seperti buah pepaya.

foto: Instagram/@frypratama_aljufri

Setelah bagian atasnya ditaburi kaldu bubuk, Fri langsung mengambil potongan besar mangga tersebut dan menggigit bagian ujungnya. Dari ekspresi yang ditunjukkan, wanita tersebut tampak begitu menikmati mangga yang sudah diberi kaldu bubuk ini.

foto: Instagram/@frypratama_aljufri

Usut punya usut, wanita asal Kalimantan ini mengaku cara makan rujak seperti itu sudah sangat biasa di daerahnya. Selain cuma dicocol pakai kaldu bubuk, ukuran mangga yang besar juga mudah ditemukan di sana. Hal tersebut pernah ditunjukkan langsung melalui unggahannya yang lain.

Dalam satu momen, Fri tampak pergi ke pedagang mangga pinggir jalan. Siapa sangka, ada dua buah mangga ukuran besar yang digantung. Saat dijejerkan, mangga tersebut hampir sama dengan besar kepala.

foto: Instagram/@frypratama_aljufri

Video tersebut sontak menuai atensi warganet. Sejak diunggah pada 6 Juli, ada lebih dari 18 juta warganet yang menonton. Melalui kolom komentar, banyak pengguna Instagram lain yang mengaku takjub dengan penampakan mangga yang tak biasa.

"Mangga di Kalimantan emang gede-gede, saya pernah waktu itu dalam perjalanan travel pulang kampung, terus penumpang didalam mobil melihat pohon mangga gede, kami turun dong minta mangga sama yang punya dan metik sendiri," kata Instagram @ahmad_fauzan_noor.

"Adikku sepupu orang kalimantan dan sering aku disuruh ikut makan begini," ujar Instagram @devy_ariefyanti.

Melihat unggahan tersebut, banyak warganet yang kemudian takjub dan kaget. Pasalnya, mangga yang yang ditunjukkan tampak menggugah selera. Sebagian besar warganet juga mengira bahwa buah yang digenggam perempuan tersebut bukanlah mangga, melainkan pepaya.

"Ku kira pepaya gede bangeettt kak . Untung kita gak tetanggaan," papar Instagram @dessica_biros.

"Gede bngt woiii," tulis Instagram @arieshitt._.

"Pas pertama liat " Oh pepaya" Pas di makan " Apaan jir mangga gede gitu"," komentar akun Instagram @dty__0o.