Brilio.net - Hampir seluruh bagian ayam mulai dari dada, paha, sayap, hati, hingga ceker bisa diolah menjadi aneka hidangan lezat. Nah, salah satu bagian yang cukup digemari banyak orang adalah ceker. Bahkan di pasaran, ceker ini selalu ludes diborong emak-emak untuk diolah jadi sup, soto, atau dibuat kaldu.

Sebagai informasi, meski kelihatannya jorok karena kaki ayam ini dibuat menapak di tanah langsung, ternyata ceker kaya nutrisi, loh. Dikutip dari healthline.com, ceker mengandung banyak kolagen yang membantu mengganti dan memulihkan sel-sel kulit mati. Ceker juga relatif bergizi dan memberikan cukup banyak vitamin dan mineral untuk tubuh.

Untuk mengolah ceker ini, kebanyakan orang akan merebusnya terlebih dahulu. Untuk melakukannya, bahkan terkadang ada yang menggunakan panci presto demi cepat empuk dan tidak alot. Namun jika kamu tak memiliki panci presto, tak usah khawatir.

Cara merebus ceker cepat empuk dengan metode 5-30-7.

Ada cara yang tak kalah praktis untuk melunakkan ceker tanpa presto. Kamu bisa meniru cara yang dilakukan oleh warganet pengguna YouTube bernama Ardiyanti Ulyana. Hasilnya ceker bisa lunak dan dan mudah terlepas dari tulang. Penasaran langkah-langkahnya?

"Hari ini saya akan berbagi tips agar ceker empuk tanpa presto," ujar Ardiyanti Ulyana dilansir BrilioFood, Selasa (11/6).

Dalam video tersebut, Ardiyanti menggunakan 1.000 gram ceker ayam. Pertama-tama hilangkan bagian kuku dan kulitnya lalu cuci bersih.

foto: YouTube/Ardiyanti Ulyana

Selanjutnya didihkan air cukup banyak dalam panci. Kemudian masukkan ceker ke dalam air yang sudah mendidih. Pastikan semua ceker terendam, ya.

foto: YouTube/Ardiyanti Ulyana

Kemudian tambahkan 1 sdt garam. Diketahui selain memberikan rasa, garam membantu menghilangkan lendir yang menempel pada permukaan ceker. Aduk-aduk sebentar sampai garam tercampur dan tutup pancinya.

foto: YouTube/Ardiyanti Ulyana

Kemudian gunakan teknik merebus 5-30-7, di mana 5 menit awal ceker direbus, setelah itu, aduk rata. Kemudian matikan api.

Nah, selama api mati ini, tutuplah panci. Diamkan ceker yang sudah direbus tadi selama 30 menit dalam kondisi panci tertutup. Setelahnya, rebus kembali ceker selama 7 menit.

foto: YouTube/Ardiyanti Ulyana

Usai 7 menit perebusan kembali, dijamin ceker bakalan empuk. Kemudian angkat ceker dari air rebusan. Ceker pun siap untuk diolah menjadi berbagai jenis masakan.

"Bener-bener hemat gas ya, cuma 12 menit aja. Ceker benar-benar sudah empuk, mudah terlepas dari tulangnya ya," ujar pemilik video.

Nah, untuk proses memasak dengan bumbunya tak perlu lama-lama. Kamu bisa memasak ceker serta bumbunya sebentar saja. Menu ceker yang empuk dan bebas tulang siap disajikan.

Video trik merebus ceker tanpa presto yang diunggah pada 29 Februari 2024 ini pun menyita perhatian warganet. Tertarik mencoba?

"terimakasih sdh berbagi tips ceker empuk nya," tulis akun @nuryusufchanel

"Udh recook dn beneran empuk tp sya gk pke garam. Mksh ya," komentar akun @rifkygilangpratama6251

"Resep ceker empuk tanpa presto mantap," timpal akun @@novalkuliner