Brilio.net - Nangka muda, atau sering disebut gori, adalah bahan utama dalam pembuatan gudeg dan berbagai hidangan lezat lainnya seperti sayur tewel, sayur nangka bumbu Bali, dan gulai. Selain rasanya yang enak, nangka muda juga kaya akan manfaat kesehatan. Menurut healthline.com, nangka muda mengandung serat tinggi yang dapat membantu melancarkan pencernaan dan membersihkan organ dalam, sehingga dapat mencegah kanker usus.

Namun, banyak orang enggan mengolah nangka muda karena getahnya yang melimpah. Getah ini sering membuat tangan dan pisau menjadi lengket, dan bagian nangka yang sudah dikupas bisa berubah warna menjadi kecokelatan jika dibiarkan. Untuk mengatasi masalah ini, kamu bisa mengikuti trik mengupas nangka muda yang dibagikan oleh channel YouTube M Semproel. Dalam videonya, pemilik channel tersebut menunjukkan cara mengupas nangka muda dengan benar, sehingga getahnya hilang dan tidak menempel di tangan atau pisau.

"Cara mengupas nangka muda/tewel agar getahnya hilang dan tidak lengket," tulisnya dilansir BrilioFood pada Kamis (10/10).

foto: YouTube/ M Semproel

Pertama-tama kamu bisa siapkan pisau yang benar-benar tajam dan bersih tentunya. Setelah itu, taruh nangka muda yang akan dikupas pada permukaan yang datar. Hal ini bertujuan untuk memudahkan saat mengupasnya nanti. Jika sudah, kamu bisa memberikan alas pada nangka muda agar kulit yang sudah dikupas nantinya tidak berceceran.

foto: YouTube/ M Semproel

Untuk meminimalisir getah nangka muda menempel pada telapak tangan dan pisau, kamu bisa mengupas nangka muda di bawah air mengalir. Pastikan bagian nangka muda yang dikupas selalu terkena air. Jika seluruh permukaan kulit nangka muda sudah dikupas, bersihkan bagian-bagian kulit yang masih menempel pada buah nangka muda.

Jika sudah, bersihkan dengan air, dan nangka muda yang dihasilkan pun putih bersih dan terbebas dari getah. Jika sudah seperti ini, nangka muda siap untuk diolah menjadi masakan.