Brilio.net - Singkong merupakan salah satu jenis umbi yang sering diolah oleh banyak orang. Di antara berbagai pilihan, singkong goreng tetap menjadi camilan yang paling digemari. Rasa gurih dan tekstur renyah di bagian luar membuatnya sangat menggugah selera.

Umumnya, singkong goreng banyak dijual di luar sana. Namun, tidak ada salahnya jika kamu mencoba untuk membuatnya sendiri di rumah. Agar singkong goreng yang dihasilkan bisa merekah dan bagian dalamnya empuk, biasanya singkong harus direbus terlebih dahulu. Prosesnya tidak perlu lama, cukup rebus singkong hingga setengah matang. Setelah itu, tiriskan dan goreng singkong dalam minyak panas. Meskipun cara ini membuat singkong menjadi empuk, proses menggorengnya bisa jadi lebih lama.

Bagi kamu yang ingin cara yang lebih praktis, bisa mengikuti resep dan tutorial dari pengguna TikTok @zafaranierohman. Dalam salah satu video yang diunggahnya, dia menunjukkan bahwa singkong tidak perlu direbus sebelum digoreng. Namun, dia memiliki metode yang unik. Penasaran dengan caranya?

Dilansir BrilioFood dari TikTok @zafaranierohman pada Selasa (10/9), langkah pertama adalah mengupas dan mencuci bersih singkong yang akan digunakan. Setelah bersih, potong singkong menjadi bagian-bagian kecil dan tiriskan.

foto: TikTok/@zafaranierohman

Selanjutnya, siapkan bumbu halus yang terdiri dari 3 siung bawang putih dan 1-2 sendok teh garam. Ulek kedua bahan tersebut hingga tercampur dan halus. Setelah itu, masukkan bumbu halus ke dalam wadah berisi 1 1/2 liter air, lalu aduk hingga merata. Sisihkan bumbu tersebut.

foto: TikTok/@zafaranierohman

Langkah berikutnya adalah menempatkan potongan singkong ke dalam panci kukusan. Setelah semua potongan tertata rapi, tutup panci dan kukus singkong hingga matang. 

Setelah singkong matang, angkat potongan singkong dan masukkan ke dalam rendaman bumbu yang telah disiapkan. Biarkan beberapa saat hingga singkong mulai merekah dengan sendirinya.

foto: TikTok/@zafaranierohman

Setelah singkong merekah sempurna, angkat dan tiriskan satu per satu. Tanpa perlu menambahkan bumbu lagi, langsung masukkan singkong ke dalam minyak goreng yang sudah dipanaskan.

foto: TikTok/@zafaranierohman

Saat menggoreng, gunakan api sedang dan jangan lupa untuk membolak-balik singkong agar matang merata. Jika warnanya sudah kecokelatan, angkat dan tiriskan singkong goreng.

Karena sudah dikukus dan direndam dalam air bumbu, singkong goreng yang dihasilkan pun tampak merekah dengan sempurna. Meskipun begitu, saat dibelah, tekstur bagian dalamnya tetap empuk. Menggugah selera, bukan?

foto: TikTok/@zafaranierohman