Brilio.net - Lele adalah bahan makanan yang sering diolah menjadi berbagai hidangan karena harganya yang terjangkau dan mudah ditemukan. Lele memiliki daging yang lembut dan rasa yang lezat. Durinya yang besar dan terlihat jelas membuatnya aman untuk dikonsumsi karena kamu bisa menyingkirkan durinya dengan mudah.

Nah, menggoreng lele bisa menjadi tantangan tersendiri. Banyak orang khawatir terkena cipratan minyak panas saat menggoreng. Teknik yang salah dapat menyebabkan minyak meletup dan membuat lele mengerut atau tidak matang sempurna.

Namun, tidak perlu khawatir. Pemilik akun TikTok @miishanaid membagikan tips menggoreng lele agar minyak tidak meletup dan lele tetap lurus dan cantik setelah digoreng.

foto: TikTok/@miishanaid

Dilansir dari BrilioFood pada Kamis (24/10), pengguna TikTok @miishanaid mencuci terlebih lele sebelum diolah. Pisahkan kotoran lele yang menempel, pastikan benar-benar bersih supaya hasil daging tetap nikmat saat disantap.

foto: TikTok/@miishanaid

Setelah bersih, marinasi lele menggunakan bawang putih, kemiri, kunyit, garam, dan perasan jeruk yang semuanya sudah dihaluskan. Diamkan selama beberapa 15 menit.

foto: TikTok/@miishanaid

Jika dirasa bumbu sudah meresap, sebelum digoreng kamu bisa menaburi lele dengan tepung beras. Bolak-balik lele, dan pastikan tepung beras menempel di setiap sisi lele, ya.

foto: TikTok/@miishanaid

Jika sudah, masukkan lele di minyak goreng yang sudah panas. Susun lele satu per satu agar lele tidak mengerut dan agar tetap lurus ketika digoreng.

foto: TikTok/@miishanaid