Brilio.net - Jagung dapat diolah dengan berbagai cara, seperti direbus, dibakar, dijadikan isian bakwan, dimasukkan ke dalam sup, atau dibuat bubur. Karena fleksibilitasnya, banyak orang menyimpan jagung dalam jumlah besar. Biasanya, jagung disimpan dalam keadaan sudah dikupas dan ditempatkan di kulkas agar lebih awet. Namun, jika disimpan terlalu lama, jagung bisa menjadi keriput.

Menurut benihpertiwi.co.id, jagung keriput terjadi karena penurunan kandungan gula akibat penyimpanan yang tidak tepat. Akibatnya, biji jagung menjadi keriput. Meski begitu, jagung keriput tidak perlu langsung dibuang. Ada trik untuk mengembalikan kesegarannya. Trik ini diperlihatkan oleh pengguna YouTube DIRASA KULINER.

Daripada menyimpan jagung di kulkas, trik ini hanya memerlukan satu bahan sederhana untuk menyegarkan kembali jagung yang sudah keriput. Ingin tahu caranya?

Dilansir BrilioFood dari YouTube DIRASA KULINER pada Rabu (9/10), siapkan terlebih dahulu satu wadah besar, lalu tuang air. Setelah itu, masukkan jagung yang telanjur keriput ke dalam wadah tersebut. Pastikan seluruh permukaan jagung terendam air secara sempurna, ya.

foto: YouTube/DIRASA KULINER

Rendam jagung dalam air selama semalaman. Selama proses perendaman, pastikan kamu selalu mengganti air secara rutin, ya. Setelah direndam selama semalaman, terlihat tampilan jagung pun berubah. Kalau awalnya bijinya keriput dan mengerut, sekarang jagung sudah kembali segar seperti pertama kali dikupas.

foto: YouTube/DIRASA KULINER

Nggak perlu khawatir, proses perendaman jagung ini sama sekali tidak mengubah cita rasa jagung. Dengan begitu, kamu bisa mengolah jagung sesuai selera seperti biasanya.

“Menjadi segar tanpa mengubah rasa jagung,” ucap pemilik video.

foto: YouTube/DIRASA KULINER

Untuk yang mengalami kejadian serupa, langsung saja praktikkan cara satu ini di rumah. Dengan memanfaatkan satu bahan sederhana, kamu jadi nggak perlu membuang jagung secara percuma, kan?