Dikutip BrilioFood dari YouTube Ika Mardatillah pada Minggu (2/7), caranya, potong-potong terlebih dahulu daging kambing yang akan diolah. Tanpa perlu dicuci, langsung masukkan potongan daging kambing ke air mendidih.

"Dagingnya jangan dicuci ya temen-temen. Kalau dicuci dagingnya malah jadi prengus. Lalu kita rebus selama 5 menit," jelasnya.

foto: YouTube/Ika Mardatillah

Matikan kompor dan tiriskan potongan daging kalau sudah direbus selama 5 menit. Selanjutnya, siapkan bumbu halus. Masukkan 5 siung bawang putih, 7 siung bawang merah, 1 ruas kunyit, 1 ruas jahe, 1 ruas lengkuas, 3 kemiri, 4 buah cabai merah, 1/2 sdt ketumbar sangrai, 1/2 sdt jintan dan 1/4 sdt lada ke dalam chopper.

foto: YouTube/Ika Mardatillah

Kalau sudah, tumis bumbu halus di wajan. Jangan lupa tambahkan 3 batang sereh, 5 lembar daun jeruk, 1 lembar daun salam, 3 buah cengkeh, 2 buah kapulaga dan 1 batang kayu manis ke dalam tumisan. Tumis bumbu sampai matang dan harum.

"Sampai benar-benar matang ya biar rempahnya keluar sehingga jadinya nggak prengus hasilnya nanti," ujarnya lebih lanjut.

foto: YouTube/Ika Mardatillah

Setelah agak mengering, tambahkan 1/2 sdm garam dan 1/2 sdm gula pasir. Lalu masukkan potongan daging kambing yang tadi sudah direbus. Aduk-aduk sampai bumbu tercampur rata.

"Kalau sudah rata, kita masukkin 1 liter air lalu kita rebus selama 30 menit biar dagingnya bener-bener empuk" ucapnya.

foto: YouTube/Ika Mardatillah

Jika daging kambing sudah empuk, tuang 100 ml santan kental. Aduk-aduk secara perlahan agar santan tercampur rata dan nggak pecah.

"Dimasak lagi sampai mendidih dan gulai kambing pun siap untuk disajikan," jelasnya.

foto: YouTube/Ika Mardatillah

Video milik YouTube Ika Mardatillah ini sudah ditonton sebanyak 311 ribu kali, lho.

"Enak dan nikmat kelihatan nya,terimakasih resep nya ," tulis akun YouTube @agustusdjoka4094.

"Trimakasih ilmunya bucan, langsung exekusi dapur ," ujar akun YouTube @tyasoesilo9529.

"Sudah saya recook, alhamdulillah enak bgt bun ibu mertua juga suka. Makasih resepnya bun sukses selalu," sahut akun YouTube @tutisurya5363.

"Mantul banget nih bun.. Dan menu wajib saat lebaran idul adha," ucap akun YouTube @evhirose_cooking.

"Gurih banget gulai kambingnya bun, makasih resepnya bun ," papar akun YouTube @MasakanRuth.