Brilio.net - Singkong merupakan bahan makanan yang kaya akan karbohidrat. Kandungan pati yang terdapat di dalamnya diyakini dapat memberikan rasa kenyang setelah mengonsumsinya. Hal ini menjadikan singkong sering dijadikan sebagai alternatif pengganti nasi dalam menu makanan.

Selain memberikan rasa kenyang, singkong juga dapat diolah menjadi berbagai hidangan. Salah satu cara paling sederhana untuk mengolah singkong adalah dengan merebusnya. Singkong rebus sering kali dinikmati karena cocok dipadukan dengan berbagai lauk atau sayuran lainnya.

Tidak hanya sebagai pengganti nasi, singkong rebus juga bisa diolah menjadi berbagai menu lainnya. Contohnya, singkong dapat dijadikan kolak, singkong gula merah, lemet, kroket, atau bahkan digoreng untuk mendapatkan tekstur yang lebih renyah.

Namun, penting untuk diketahui bahwa merebus singkong tidak semudah yang dibayangkan. Karena singkong memiliki tekstur yang keras saat masih mentah, proses perebusan memerlukan waktu yang cukup lama. Jika menggunakan panci biasa, singkong baru akan empuk setelah direbus selama 30 hingga 60 menit.

Durasi yang lama dalam merebus singkong ini tentu dapat menghabiskan banyak gas. Oleh karena itu, banyak orang beralih menggunakan alternatif lain, seperti panci presto. Singkong yang direbus dengan panci presto biasanya akan empuk dalam waktu 10 hingga 15 menit.

Namun, tahukah bahwa sebenarnya waktu merebus singkong bisa dipersingkat? Dengan mengetahui trik tertentu, hanya dibutuhkan waktu 5 menit untuk merebus singkong agar teksturnya menjadi empuk. Trik cepat ini pernah dibagikan oleh pengguna TikTok dengan akun @masakituibadah.

Dalam salah satu video yang diunggah, dia mengklaim hanya menggunakan panci biasa (bukan panci presto). Meskipun demikian, singkong yang dihasilkan tetap empuk bahkan sampai merekah. Ternyata, teknik perebusan yang diterapkan cukup mudah untuk dilakukan.

Dilansir BrilioFood dari akun TikTok @masakituibadah pada Kamis (12/9), hal utama yang perlu dilakukan adalah menggunakan singkong berkualitas. Biasanya singkong berkualitas cenderung masih segar dan mudah empuk saat direbus. Nah, hal ini bisa dilihat dari kulit luarnya yang mengelupas dan teksturnya tampak mudah patah saat dipegang.

Nah, setelah memilih singkong yang segar, kupas dan cuci sampai bersih. Setelah itu, potong-potong singkong jadi beberapa bagian. Lalu sisihkan terlebih dahulu di wadah. Selanjutnya, siapkan panci dan tuang air secukupnya. Lalu rebus sampai airnya mendidih.

foto: TikTok/@masakituibadah

Kemudian masukkan singkong yang sudah dipotong-potong tadi. Dalam video tersebut, pengguna TikTok @masakituibadah juga menambahkan bahan lain seperti 2 siung bawang putih dan 1 sdm garam. Penggunaan bumbu ini akan membuat singkong makin gurih dan mudah merekah, lho.

foto: TikTok/@masakituibadah

Setelah diberi bumbu, tutup panci dan rebus sampai 5 menit (terhitung saat air kembali mendidih). Jika sudah 5 menit, matikan api dan diamkan selama 30 menit dalam kondisi panci masih tertutup. Pada tahap ini, proses pematangan singkong akan terus berlanjut. Nah, hal inilah yang kemudian membuat tekstur singkong semakin empuk akan merekah.

foto: TikTok/@masakituibadah

Jika sudah didiamkan 30 menit, buka panci dan angkat singkong. Lalu tiriskan dan pindahkan singkong ke atas piring untuk kemudian disantap. Selain disantap langsung, singkong rebus ini juga bisa diolah lagi jadi berbagai macam menu lain.

foto: TikTok/@masakituibadah