Usut punya usut, dia punya dua bahan rahasia dalam merebus jagung agar hasilnya maksimal. Dilansir BrilioFood dari YouTube Zblend pada Senin (23/10), bahan dapur tersebut adalah garam dan gula. Kedua bahan ini akan membuat jagung rebus buatanmu jadi semakin berkualitas dan enak.

Tapi perlu diketahui bahwa takaran garam dan gula yang dipakai harus diperhatikan. Nggak cuma itu, teknik perebusan yang dilakukan juga tak boleh sembarangan. Hal ini tentu bertujuan supaya rasa jagung tetap manis dan warnanya semakin kuning cerah.

foto: YouTube/Zblend

Lebih jelasnya, siapkan dulu jagung segar yang masih berkulit. Pastikan biji jagung di dalamnya juga terisi penuh. Pasalnya, kualitas jagung yang dipakai juga bisa menentukan hasil rebusan jagung nantinya.

Nah, saat hendak direbus, jangan kupas seluruh kulit jagung. Cukup sisihkan satu sisi yang terbuka dan sudah dikupas kulitnya sampai habis. Setelah itu, cuci sampai bersih jagung tersebut.

foto: YouTube/Zblend

Selanjutnya, rebus air dalam panci dan masukkan jagung yang sudah dicuci. Pastikan jagung terendam sempurna dalam air. Setelah itu, rebus jagung selama 10 menit dalam kondisi panci tertutup. Di tahap awal perebusan, sebaiknya jangan langsung masukkan bahan tambahan agar warna jagung tetap kuning cerah.

foto: YouTube/Zblend

Jika sudah direbus 10 menit, buka panci. Lalu masukkan 2 sdm gula pasir dan 1/2 sdm garam. Aduk-aduk dulu dan tutup kembali pancinya. Setelah itu, rebus lagi selama 5 menit. Terakhir, angkat dan tiriskan.

foto: YouTube/Zblend

Nah, jagung yang sudah direbus ini pun bisa langsung disantap dalam kondisi hangat. Warnanya yang cerah kuning membuat jagung rebus makin menggugah selera. Selain itu, butiran jagung yang empuk akan langsung pecah di mulut saat disantap. Dijamin bikin nagih deh.