Brilio.net - Daging sapi merupakan bahan makanan yang dapat diolah dengan berbagai metode, seperti ditumis, dimasak berkuah, atau dipanggang. Selain itu, daging sapi juga sangat cocok untuk dimasak dengan berbagai bumbu, seperti balado, asam manis, lada hitam, dan lain-lain.

Namun, mengolah daging sering kali menjadi tantangan bagi sebagian orang. Hal ini disebabkan oleh tekstur daging yang keras saat masih mentah, sehingga sulit untuk diolah. Diperlukan waktu perebusan yang cukup lama, bahkan berjam-jam, agar tekstur daging menjadi empuk.

Banyak orang yang mengandalkan panci presto untuk mengempukkan daging. Alat masak dengan tekanan tinggi ini dapat membuat daging menjadi empuk dalam waktu singkat. Namun, tidak semua orang memiliki panci khusus tersebut.

Bagi yang tidak memiliki atau tidak ingin menggunakan panci presto, bisa mencoba mengikuti tutorial sederhana yang dibagikan oleh pengguna YouTube bernama Noer Diary. Dalam salah satu video yang diunggah, dia menjelaskan bahwa hanya menggunakan panci biasa untuk merebus daging. Dengan teknik tertentu dan tambahan dua bahan dapur, daging yang direbus dapat menjadi empuk dengan mudah.

Dilansir BrilioFood dari YouTube Noer Diary pada Rabu (11/9), pengguna YouTube tersebut menggunakan air lemon dan garam. Kedua bahan ini harus digunakan dengan tepat supaya hasil daging bisa empuk maksimal.

Pertama-tama, siapkan daging yang sudah dipotong-potong. Lalu kucuri air jeruk nipis. Aduk-aduk sambil diremas, lalu diamkan selama 5 menit. Kandungan asam pada lemon akan membantu memecah serat protein dalam daging dan membuat daging lebih empuk setelah dimasak.

foto: YouTube/Noer Diary

Namun supaya rasa daging tidak asam, kamu bisa membilasnya setelah direndam air lemon. Barulah kemudian masukkan ke dalam panci yang sudah diisi dengan air. Lalu rebus selama 5 menit sambil ditutup.

Jika sudah 5 menit, buka penutup panci. Lalu buang gelembung atau kotoran yang mengapung di atas air rebusan. Selanjutnya, tuang garam secukupnya supaya tekstur daging bisa cepat empuk saat direbus.

foto: YouTube/Noer Diary

Setelah diberi garam, tutup lagi pancinya dan rebus selama 5 menit. Lalu matikan api dan diamkan selama 5 menit dalam kondisi panci tertutup. Jika sudah didiamkan, rebus kembali selama 5 menit.

foto: YouTube/Noer Diary

Jadi, total perebusan dari pertama daging dimasukkan adalah 15 menit. Nah, setelah itu, matikan api dan buka pancinya. Lalu angkat dan tiriskan dagingnya. Daging sapi yang sudah direbus ini sudah empuk dan siap diolah dengan berbagai macam bumbu.

foto: YouTube/Noer Diary