Brilio.net - Terasi merupakan salah satu bumbu masak andalan emak-emak, umumnya dibikin sambal. Terasi terbuat dari ikan atau udang yang difermentasikan, sehingga punya rasa dan aroma khas. Bumbu masak satu ini bisa langsung digunakan maupun dimasak terlebih dahulu. Namun, banyak pula yang lebih memilih mengolah terasi dengan cara dipanaskan terlebih dahulu supaya rasa dan aromanya lebih kuat.

Agar lebih praktis, beberapa orang biasanya menyetok terasi dalam jumlah banyak. Sayangnya bagi sebagian orang menyimpan bumbu ini jadi PR tersendiri karena terasi mentah umumnya cenderung masih basah, sehingga mudah lembek, basi, dan berjamur dalam beberapa hari. Oleh karena itu, terasi harus dijemur terlebih dahulu supaya kering dan awet tahan lama.

Selain dijemur, rupanya ada cara lain yang tak kalah ampuh untuk menyimpan terasi agar awet tahan lama. Kamu bisa meniru cara menyimpan terasi yang dibagikan pengguna Instagram @pramita_rusdan.

Cara menyimpan terasi agar awet tahan lama, tidak lembek dan antijamur.

"Selain bikin awet, cara ini efektif mempermudah kamu jika ingin masak menggunakan terasi," kata pramita, dilansir BrilioFood dari Instagram @pramita_rusdan pada Rabu (12/6).

foto: Instagram/@pramita_rusdan

Caranya cukup mudah. Pertama siapkan terasi lalu buka bungkusnya. Taruh di panci atau pan penggorengan. Kemudian hancurkan menggunakan sendok hingga benar-benar halus.

foto: Instagram/@pramita_rusdan

Jika sudah, nyalakan api dan sangrai terasi sampai benar-benar kering. Pastikan juga teksturnya sudah tidak menggumpal lagi, ya. Aduk-aduk rata lalu matikan api. Diamkan hingga benar-benar dingin.

foto: Instagram/@pramita_rusdan

Jika sudah tidak panas, masukkan dan simpan terasi ke wadah atau toples. Nah, terasi pun siap digunakan kapan saja. Dijamin cara ini bisa bikin terasi lebih awet tahan lama, tidak lembek, dan antijamur. Kamu juga jadi nggak repot untuk membakar terasi atau memanaskan terasi saat akan menggunakannya.

Sejak diunggah pada 3 Februari 2024 lalu, video ini telah ditonton lebih dari 26 ribu kali. Tak sedikit juga warganet yang merasa terbantu dengan cara menyimpan terasi agar awet yang dibagikan oleh akun Instagram @pramita_rusdan.

"Maksih tips nya bun," tulis akun Instagram @gustinaelliza.

"Waw ngebayangin pas di sangrai wangi nya kemana"pasti mksh tipsnya ka," komentar akun Instagram @abizhar.r.r.

"Makasih bucan tips nya," pungkas akun Instagram @herisinta3.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Paramita Mita (@pramita_rusdan)