Brilio.net - Sebagai salah satu bahan makanan yang mudah ditemukan, tahu menjadi andalan banyak orang. Apalagi karena harganya terjangkau, banyak orang sengaja membeli tahu dalam jumlah banyak. Jika tidak habis diolah dalam sekali waktu, sisa tahu bisa disimpan sebagai stok di rumah.

Stok tahu ini tentu harus disimpan dengan benar. Jika asal-asalan, tahu yang disimpan malah akan berubah tekstur dan rasanya. Tahu bisa menjadi kecut dan berlendir saat dipegang. Jika sudah begini, tahu tidak bisa lagi dikonsumsi dan berakhir dibuang secara percuma.

Untuk menyiasatinya, sebagian orang sengaja merebus tahu terlebih dahulu sebelum disimpan ke dalam kulkas. Karena sudah direbus, tahu jadi lebih tahan lama saat disimpan. Sayangnya, cara ini terbilang tidak praktis karena harus merebus tahu terlebih dahulu.

Kalau nggak mau repot, kamu bisa mengikuti apa yang dilakukan oleh pengguna TikTok @evadjafarr. Di salah satu video unggahannya, warganet satu ini memberikan tutorial menyimpan tahu dengan cara yang lebih praktis. Selain mudah, kamu hanya perlu menyiapkan satu bahan dapur saja untuk mempraktikkan cara ini.

Dilansir BrilioFood dari TikTok @evadjafarr pada Rabu (25/9), keluarkan terlebih dahulu tahu dari plastik. Biasanya tahu yang dijual di pasaran akan dikemas dengan air rendaman. Buang air rendaman lalu tiriskan tahu.

Lalu siapkan wadah berisi air biasa. Masukkan tahu satu per satu ke dalam wadah.

foto: TikTok/@evadjafarr

Jangan langsung ditutup, tambahkan larutan garam ke dalam wadah. Iya, campurkan 1 sdt garam ke dalam air di mangkuk. Setelah tercampur rata, masukkan larutan garam ke dalam wadah berisi tahu.

foto: TikTok/@evadjafarr

Penambahan larutan garam ini dipercaya dapat jadi pengawet alami tahu. Dilansir dari verywellhealth.com, larutan garam dapat menjaga tahu tetap awet dan tidak basi hingga 10-14 hari. Asalkan, air rendaman tahu diganti secara rutin setiap hari.

"Tutup rapat wadah, kemudian simpan tahu di kulkas," ungkapnya lebih lanjut.

foto: TikTok/@evadjafarr

Saat akan diolah, tinggalkan keluarkan tahu dari kulkas. Jangan lupa bilas dulu tahu dengan air mengalir agar bebas dari larutan garam.