Brilio.net - Lalapan dipakai sebagai pelengkap makanan. Di antara banyaknya lalapan, selada jadi salah satu favoritnya. Jenis sayuran ini begitu nikmat dikonsumsi dalam kondisi segar karena teksturnya renyah. Selada nikmat disantap bersama nasi hangat, lauk, dan sambal yang pedas nampol. Dijamin deh nggak cukup cuma makan selembar selada.

Namun, sayuran satu ini sulit sekali awet dalam waktu lama. Seringnya selada cepat busuk atau teksturnya jadi tak renyah lagi. Oleh karena itu, kamu perlu mengetahui cara menyimpan selada yang tepat agar tetap segar dan awet.

Lantas bagaimana cara menyimpan selada yang baik? Salah satu pengguna YouTube @masakan gina sonia sempat membagikan cara menyimpan selada agar awet segar. Bahkan cara yang dia bagikan ini bisa membuat selada awet segar hingga 1 bulan dan teksturnya pun tetap renyah tahan lama.

Cara menyimpan selada agar awet segar hingga 1 bulan cuma pakai satu alat sederhana.

Wanita tersebut rupanya hanya mengandalkan kain dan tisu.

"Kali ini aku akan kasih tips cara menyimpan selada biar awet sampai satu bulan tetap segar tetap hijau," jelasnya, dilansir BrilioFood dari YouTube/@masakan gina sonia pada Jumat pada (7/5).

Lebih lanjut, wanita tersebut menjelaskan langkah menyimpannya. Pertama siapkan selada yang telah dicuci bersih. Lalu siapkan kain bersih untuk alas meletakkan selada. Petiki selada kemudian tata di kain.

foto: YouTube/@masakan gina sonia

Penggunaan kain ini rupanya berfungsi agar air pada selada terserap dengan baik. Jika semuanya sudah ditata, bersihkan atau lap selada menggunakan tisu. Lakukan satu per satu hingga selesai.

foto: YouTube/@masakan gina sonia

Setelah selada kering, siapkan toples atau wadah lalu alasi dengan tisu. Tata semua selada di wadah, kemudian pastikan tertutup rapat, ya. Selada pun bisa disimpan di kulkas. Warganet tersebut menekankan agar suhu kulkas diatur tidak kurang dari 2 derajat celcius, sehingga selada bisa tahan hingga 1 bulan.

foto: YouTube/@masakan gina sonia

Lantas ia pun memperlihatkan perbandingan selada yang telah disimpan dalam waktu 2 minggu dan 1 bulan hasilnya tetap awet hijau.

"Nah setelah 2 minggu aku simpan di kulkas, ini masih hijau masih seger fresh. Nah ini yang nggak aku pisahkan. Nah ini setelah penyimpanan selama 1 bulan hasilnya juga tetap hijau ya," ujarnya.

foto: YouTube/@masakan gina sonia

Rupanya cara penyimpanan ini juga bisa berlaku untuk menyimpan kemangi dan sayuran lain. Sejak diunggah @masakan gina sonia pada 29 Oktober 2024, video tentang cara menyimpan selada agar awet segar ini telah ditonton lebih dari 1.5 ribu kali.