Brilio.net - Memelihara ayam di halaman rumah sudah menjadi kebiasaan banyak orang Indonesia. Bukan tanpa sebab, memelihara ayam memang bisa jadi sumber penghasilan tambahan. Baik daging atau telurnya bisa dijual kembali dan bahkan bisa dijadikan konsumsi pribadi untuk menghemat pengeluaran.

Namun salah satu masalah yang kerap terjadi adalah banyaknya kotoran ayam yang berceceran di sejumlah titik rumah, termasuk teras. Ayam liar maupun ayam peliharaan memang seringkali dibiarkan berkeliaran secara bebas. Dampaknya, ayam bisa buang kotoran sembarangan dan bikin teras rumah jadi kotor.

Sayangnya, masalah ayam yang datang dan buang kotoran di teras rumah tak hanya sering dialami orang yang memelihara hewan ternak tersebut. Namun penghuni atau tetangga di sekitarnya pun bisa kena dampak, seperti halnya yang dialami oleh pengguna TikTok @fams.afriandi. Melalui salah satu video yang diunggah, dia pernah mengeluhkan tentang ayam tetangga yang selalu buang kotoran di teras rumahnya.

"males tetangga punya ayam nyiksa tetangga. udh ngomel2 gak sadar juga gedeg lama2," keluh pengguna TikTok @fams.afriandi.

foto: TikTok/@fams.afriandi

Memang kondisi seperti ini tentu bikin jengkel. Bagaimana tidak, sekalipun sudah diusir, ayam yang masuk ke halaman rumah bisa tetap berpotensi buang kotoran di teras. Nggak cuma bikin risih, kotoran ayam ini juga membuat teras rumah penuh najis oleh dan harus dibersihkan dengan banyak air atau trik khusus.

Oleh sebab itu, banyak orang mencari cara yang lebih ampuh dalam mengusir ayam agar tidak buang kotoran di teras rumah. Beruntungnya, ada seorang warganet lain yang pernah membagikan trik dalam mengusir ayam agar tak datang dan buang kotoran di teras rumah. Trik ini pernah dibagikan oleh pengguna TikTok @aitesno.