Brilio.net - Asam urat dikenal sebagai kondisi medis yang seringkali menyebabkan rasa sakit dan ketidaknyamanan pada sendi. Penyakit ini memang terjadi akibat penumpukan kristal asam urat di dalam tubuh. Penderitanya biasanya akan merasakan nyeri yang hebat di beberapa bagian sendi.

Pada dasarnya, asam urat bisa diobati dengan perubahan gaya hidup sehat. Selain itu, ada juga yang mengonsumsi obat-obatan secara rutin. Atau kamu juga bisa menggunakan cara alami untuk meredakan atau bahkan mengobati rasa nyeri yang disebabkan oleh asam urat.

Seorang pengguna Instagram @dapoernya_linda pernah membagikan cara mengobati asam urat secara alami pakai bahan-bahan dapur. Dilansir BrilioFood pada Senin (10/6), bahan dapur yang digunakan adalah daun salam dan garam. Selain itu, dia juga menggunakan minyak kayu putih dan serai sebagai bahan tambahan.

Nah, cara pakai bahan-bahan dapur ini pun cukup mudah. Pertama-tama, rebus air secukupnya dalam panci. Jika sudah mendidih, masukkan beberapa lembar daun salam dan beberapa batang serai yang sudah digeprek. Rebus selama 10-30 menit.

Cara mengobati asam urat
© Instagram/@dapoernya_linda

Selanjutnya, matikan api kompor dan tuang rebusan rempah ini ke dalam baskom berisi air. Tambahkan beberapa tetes minyak kayu putih dan garam. Lalu aduk-aduk sampai semua bahan tercampur rata.

Cara mengobati asam urat
© Instagram/@dapoernya_linda

Jika sudah, rendam kedua kaki ke dalam baskom tersebut selama 30 menit. Nah, rebusan daun salam dan campuran bahan lain akan memberikan efek rileks bagi tubuh. Selain itu, cara ini juga bisa membantu meredakan atau mengobati asam urat, lho.

Pada dasarnya, daun salam menjadi bahan utama yang dapat membantu menurunkan asam urat. Menurut Jurnal Penelitian Kesehatan Global Indonesia, daun salam mengandung beberapa komponen yang dapat membantu menurunkan kadar asam urat dalam darah, antara lain flavonoid, tanin, serta minyak atsiri seperti eugenol dan minyak citral.

Cara mengobati asam urat
© Instagram/@dapoernya_linda

Di sisi lain, penggunaan garam juga membawa peran penting, lho. Dilansir dari healthline.com, merendam kaki dalam air garam bisa mengurangi gejala nyeri dan mempercepat proses penyembuhan. Oleh sebab itu, rasa sakitnya bisa diatasi dengan cara ini.

Tak hanya mengobati asam urat, menurut pengguna Instagram @dapoernya_linda. Merendam kaki dengan bahan-bahan tersebut juga bisa mengobati pegal-pegal di badan, mengobati kram atau kesemutan, hingga membuat badan rileks. Tentu saja, metode ini tidak menimbulkan efek samping karena cenderung alami.

Sejak diunggah pada 4 Juni lalu, video milik pengguna Instagram @dapoernya_linda ini telah ditonton lebih dari 16 ribu kali. Nggak heran jika kemudian ada banyak pengguna Instagram lain, yang tertarik dan turut memberikan tanggapan secara langsung di kolom komentar. Sebagian besar warganet ini mengungkapkan terima kasih karena mendapat ilmu baru yang bermanfaat.

"Terimakasih, pas BK ini,kaki q LG kumat pegel"ni,semoga cocok," sahut Instagram @subekti_erni.

"Terimakasih resepnya," tulis Instagram @saodah_rumi.

"Syukuran bnd ilmu nya," komentar akun Instagram @bundasyifa371.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Linda Heniwaty (@dapoernya_linda)