Brilio.net - Lantai granit dikenal sebagai salah satu pilihan lantai yang mewah dan elegan. Pada dasarnya, lantai jenis ini dibuat dari batu alam yang sangat keras dan tahan lama. Batu alam granit mampu menahan beban berat tanpa mudah retak atau pecah. Selain itu, banyaknya warna dan pola alami membuat lantai granit kerap dipilih untuk menambah nilai estetika ruangan.

Sayangnya, lantai granit juga memiliki kelemahan, terutama dalam hal perawatan dan pembersihan jika sudah mulai kusam. Permukaan granit yang kusam bisa kerap jadi tantangan tersendiri karena sulit dibersihkan. Hal ini sebabkan oleh pori-pori batu yang dapat menyerap kotoran dan noda, sehingga membuatnya tampak kusam dan harus dibersihkan dengan khusus.

Beruntungnya, seorang pengguna Instagram @ratnatjahyo pernah membagikan trik sederhana dalam mengatasi masalah tersebut. Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku punya cara tersendiri saat mengepel lantai granit kusam agar tampilannya jadi bening lagi. Bukan dengan cairan pembersih lantai, dia justru mengandalkan bahan dapur untuk mengepel lantai granit yang kusam.

Dilansir BrilioFood dari Instagram @ratnatjahyo pada Sabtu (27/7), bahan dapur yang dimaksud adalah sabun cuci piring dan baking soda. Nah, kedua bahan ini mampu mengangkat noda kusam yang berasal dari debu. Selain itu, noda karat di lantai granit juga bisa hilang dengan dua bahan dapur ini.

foto: Instagram/@ratnatjahyo

Dalam video tersebut, pengguna Instagram @ratnatjahyo mengaku lantai granit area rumah bagian luar tampak mulai kusam karena kerak, debu, dan karat. Nah, untuk menghilangkannya, dia pun membersihkan lantai terlebih dahulu dari sampah dan debu menggunakan sapu. Setelah itu, siram lantai sampai benar-benar basah.

foto: Instagram/@ratnatjahyo

Selanjutnya, tuang sabun cuci piring dan taburkan baking soda ke permukaan lantai granit. Untuk perbandingannya, pengguna Instagram @ratnatjahyo ini menggunakan 1:4 untuk sabun dan baking soda. Setelah diberi bahan pembersih tersebut, gosok-gosok lantai menggunakan sikat.

foto: Instagram/@ratnatjahyo

Nah, jika sudah disikat sampai bersih, bilas lantai granit dengan air. Barulah kemudian keringkan airnya menggunakan kain pel. Pastikan tidak ada air yang menggenang karena berpotensi membuat lantai jadi licin dan mudah berkerak lagi.

Lantai granit yang dipel dan dibersihkan dengan cara ini cenderung lebih kinclong, lho. Noda karat dan keraknya bahkan benar-benar hilang tanpa bekas. Hal ini membuat lantai granit jadi cerah dan bahkan bening lagi tampilannya.

Telah ditonton lebih dari 7.000 kali, unggahan tentang cara mengepel lantai granit ini sontak menuai perhatian warganet. Banyak pengguna Instagram lain yang memberikan tanggapan langsung di kolom komentar. Sebagian besar warganet ini mengungkapkan terima kasih karena mendapat ilmu baru yang bermanfaat.

"Makasih mba na tips nya," sahut Instagram @meyca_avivi.

"Wahhh save , boleh juga ini," papar Instagram @nayla.bohoscandi.

"Wawww hasilnya kinclong ya mbak," tulis akun Instagram @dirumah.buna.