Untuk menghindari hal tersebut, kamu bisa menyimak sebuah tutorial dari YouTube Sahabat Kuliner MnC. Melalui salah satu video yang diunggah, dia membeberkan cara dan tips memilih ikan tenggiri giling yang bagus dan berkualitas. Hal ini merupakan bekal penting dalam membuat pempek atau tekwan.

"Kita harus tahu dulu cara memilihnya, agak pempeknya enak, agar tekstur tekwannya kres dan kenyal. Jadi kita perlu ikan tenggiri yang bagus," terang YouTube Sahabat Kuliner MnC dikutip BrilioFood pada Rabu (12/4).

BACA JUGA :
Siomay Bandung

foto: YouTube/Sahabat Kuliner MnC

Pertama, defrost (cairkan) dulu ikan tenggiri giling. Supaya tekstur dan rasanya tidak berubah, sebaiknya defrost dengan cara manual. Yakni didiamkan di suhu ruang sampai benar-benar lembek, bukan direndam air. Menurut pengguna YouTube Sahabat Kuliner MnC, mendefrost ikan tenggiri giling dengan direndam air akan berpengaruh pada hasil tekwan.

"Kalo buat tekwan biasanya kadang gagal kurang kres dan lembek. Tapi kalo buat pempek gpp," jelasnya.

foto: YouTube/Sahabat Kuliner MnC

Setelah dicairkan, keluarkan ikan tenggiri dari plastik atau kemasannya. Nah, saat dikeluarkan, daging ikan yang berkualitas punya bentuk yang masih set atau padat (tidak langsung kepyar). Jika ikan tenggiri giling langsung kepyar saat dikeluarkan dari plastik, maka bisa dipastikan dagingnya kurang berkualitas atau sudah tercampur bahan lain seperti air.

foto: YouTube/Sahabat Kuliner MnC

Selanjutnya, tekan-tekan daging ikan tenggiri. Jika daging ikan langsung halus dan tidak bergerindil, maka daging ikan bisa menghasilkan tekwan dan pempek yang bagus. Jika daging ikannya bergerindil, biasanya tekwan yang dihasilkan tidak kenyal. Selain itu, jika dibuat pempek, hasilnya jadi lembek.

foto: YouTube/Sahabat Kuliner MnC

Selain itu, cek juga aromanya. Saat dicium, ikan tenggiri berkualitas punya aroma ikan yang segar dan tidak terlalu amis. Jika baunya amis atau busuk, berarti daging ikan sudah dicampur dengan bahan lain dan tidak segar lagi.

Ditonton lebih dari dua ribu kali, video milik YouTube Sahabat Kuliner MnC inipun menuai perhatian warganet. Banyak pengguna YouTube lain yang ikut menanggapi langsung di kolom komentar. Salah satu warganet bahkan sempat bertanya tentang masalah yang dialami setelah membeli ikan tenggiri giling.

"Aku pernah beli ikan tenggiri giling tp malah bergerindil & ga wangi, apa mgkn ikannya campuran ato sdh ga bagus lg ya?" tanya YouTube Puslabper.

"Kemunggkinan ikannya sempat defrost dan beku lagi atau campuran. Ikan tenggiri fozen kalo buat pempek apalagi tekwan setelah defrost langsung dibikin enggak bisa dibekuin lagi nanti hasil bikin pempek atau tekwan enggak bagus," sahut YouTube Sahabat Kuliner MnC.