Brilio.net - Pisang goreng merupakan pilihan camilan yang cocok untuk berbagai kesempatan, seperti saat menonton film, menyelesaikan tugas, atau menikmati teh. Camilan ini memiliki rasa manis yang sedikit gurih. Selain enak, pisang goreng juga dikenal dengan tekstur luarnya yang krispi, yang dihasilkan dari pelapisan adonan tepung sebelum digoreng.

Untuk mendapatkan hasil yang keriting dan renyah dalam waktu lama, banyak orang menambahkan margarin ke dalam adonan tepung pisang goreng. Setelah semua bahan tercampur dengan baik, potongan pisang dapat dicelupkan ke dalam adonan tepung dan langsung digoreng dalam minyak panas.

Namun, untuk mendapatkan krispinya yang lebih optimal, bisa mengikuti langkah-langkah yang dibagikan oleh pengguna YouTube iK_Ben_Krisna. Dalam video tutorialnya, ia menunjukkan cara membuat dua adonan pelapis pisang sekaligus, yang menurutnya dapat meningkatkan tekstur pisang goreng menjadi super keriting dan renyah.

Langkah pertama adalah menyiapkan adonan basah. Siapkan wadah dan masukkan 4 sendok makan tepung terigu, 250 ml air, dan 1 sendok makan margarin. Aduk hingga semua bahan tercampur rata.

"Pastikan adonan tidak ada yang menggumpal," ujarnya, seperti yang dikutip dari BrilioFood pada Rabu (11/9).

foto: YouTube/iK_Ben_Krisna

Setelah itu, kupas dan potong pisang menjadi empat bagian yang sama besar dengan hati-hati agar bentuknya tetap rapi.

"Setelah dipotong, celupkan potongan pisang ke dalam adonan basah dan sisihkan," tambahnya.

foto: YouTube/iK_Ben_Krisna

Selanjutnya, siapkan adonan kering dengan mencampurkan 15 sendok makan tepung terigu dan 1/2 sendok teh garam. Untuk mendapatkan pisang goreng yang lebih renyah dan tahan lama, ia juga menambahkan 2 sendok makan tepung maizena ke dalam campuran adonan kering. Aduk hingga semua bahan tercampur dengan baik.

foto: YouTube/iK_Ben_Krisna

Setelah itu, pindahkan potongan pisang satu per satu ke dalam adonan kering. Pastikan semua permukaan pisang terlumuri adonan kering, kemudian pindahkan ke dalam wadah berisi air biasa.

"Ini adalah kunci agar hasilnya bagus dan keriting," jelasnya.

foto: YouTube/iK_Ben_Krisna

Potongan pisang yang sudah basah kemudian dipindahkan kembali ke adonan kering. Bolak-balik pisang agar seluruh permukaannya terlumuri dengan adonan kering secara merata.

"Jika ingin hasil yang lebih tebal, bisa ulangi proses ini dua hingga tiga kali," tambahnya.

foto: YouTube/iK_Ben_Krisna

Setelah semua siap, pisang dapat digoreng dalam minyak panas. Pastikan untuk membolak-balik pisang goreng agar matang merata.

foto: YouTube/iK_Ben_Krisna

Pisang goreng yang sudah berwarna kuning keemasan dapat diangkat menggunakan saringan. Tiriskan sejenak, dan pisang goreng siap disajikan.

foto: YouTube/iK_Ben_Krisna