Untuk cara membuatnya, siapkan dulu mangkuk yang cukup besar. Lalu masukkan 300 gram tepung terigu protein rendah. Tambahkan juga 3 lembar sayur kol iris, 3 batang daun bawang iris, 1 buah kecil wortel serut, dan tauge secukupnya. Banyaknya sayur ini akan membuat tekstur bakwan jadi tebal.

foto: YouTube/Nuraaini Soewarto

Setelah itu, tuang 400 ml air secara bertahap sambil diaduk-aduk sampai tercampur rata. Jika sudah, tambahkan 1 sdt penyedap, 1 sdt garam, 1 sdt ketumbar bubuk, serta bumbu halus yang dibuat dari 5 siung bawang putih dan 2 butir kemiri.

foto: YouTube/Nuraaini Soewarto

Bahan terakhir, dia menambahkan 1 sdm margarin yang sudah dicairkan. Nah, margarin inilah kuncinya. Penambahan margarin akan membuat tekstur bakwan tetap renyah tahan lama dan nggak berminyak. Selain itu, margarin juga tidak mengubah rasa bakwan. Justru margarin akan membuat aroma bakwan semakin sedap.

foto: YouTube/Nuraaini Soewarto

Setelah diberi margarin, aduk-aduk lagi semua bahan sampai rata. Jika sudah, goreng adonan bakwan ini di minyak panas. Sebaiknya pakai minyak yang banyak agar adonan yang dibentuk tebal bisa terendam sempurna saat digoreng. Dengan begitu, teksturnya akan semakin garing dan renyah.

Goreng terus sampai bakwan mulai garing dan warnanya berubah kecokelatan. Jangan lupa balik sesekali jika satu sisinya sudah matang. Setelah bakwan berwarna kuning kecokelatan, angkat dan tiriskan. Bakwan sayur ini pun siap disantap dengan cabai rawit atau saus sambal kesukaan.

foto: YouTube/Nuraaini Soewarto0

Unggahan milik Nuraaini Soewarto ini sontak menuai perhatian warganet. Di antara lebih dari 3 juta penonton video tersebut, ada banyak pengguna YouTube lain yang turut memberikan tanggapan secara langsung. Melalui kolom komentar, sejumlah warganet ini yang mengaku sudah berhasil menerapkan trik dan resep bakwan sayur tersebut.

"Sudah recook 2x, enak banget. Kalau udah dingin pun masih enak . Terimakasih resepnyaaa," ungkap YouTube @asmaaini7061.

"Masyaallah mom , alhamdulillah udah coba resepnya walau sedikit2 pake takarang feeling karna ga punya timbangan , tapi bahannya sesuai deskripsi , wow hasilmya berhasil dan enak sekali , ahirnya nemu resep bakwan  mudah enak dan ga banyak printilan bahannya , pokomya thebest deh resepnya," sahut YouTube @fardiansyahovank1925.

"Udah coba bikin pake resep yg disebutkan, ini beneran enak. Renyah diluar, gurih & lembut didalam. Bumbu2nya pas bgt cocok di lidah.. Saya kasih rating 5 untuk resepnya," papar YouTube @verbena081.

"Lagi lapar lihat bakwan... terima kasih atas berbagi resepnya bunda, besok pagi aku akan coba rsepnya," kata YouTube @fauzan_fauziah_fishing.

"Wow.... Bakwan sayur  enak sekali makan pake Cabe rawit teman minum teh panas nikmat,"tutur YouTube @srisabarti4771.