Usut punya usut, ada cara yang jauh lebih praktis untuk membersihkan mesin cuci. Caranya sempat ditunjukkan oleh pengguna TikTok @karachromatic. Meski tanpa proses pembongkaran, namun mesin cuci tampak bersih maksimal dan kinclong, lho.

Dilansir BrilioFood dari TikTok @karachromatic pada Senin (29/1), warganet ini mengandalkan dua bahan dapur untuk racikan pembersih mesin cucinya, yakni baking soda dan cuka makan. Pertama, masukkan 2 sdm baking soda ke dalam tabung mesin cuci.

foto: TikTok/@karachromatic

Sebelum ditambah air, ia langsung menuang 2 gelas cuka makan juga sebagai campurannya. Jika sudah, baru tuang air panas secukupnya ke dalam mesin cuci. Tutup mesin cuci lalu nyalakan seperti biasa.

foto: TikTok/@karachromatic

Setelah ditunggu beberapa saat, tampak air di dalam mesin cuci sudah berubah warna jadi keruh. Bukan tanpa alasan, seluruh kotoran di dalam mesin cuci akhirnya luruh dengan larutan pembersih tersebut. Buang air tersebut lalu bilas bagian dalam mesin cuci dengan air bersih.

Jangan lupa gosok pakai tangan untuk memastikan bagian dalam mesin cuci bersih maksimal, ya. Cara membersihkan mesin cuci ini bisa dilakukan secara rutin agar kotoran tidak mengontaminasi pakaian di dalamnya.

"At least every 6 months, we clean the inside of our washer. (Setidaknya setiap 6 bulan sekali, kami membersihkan bagian dalam mesin cuci kami.)," ujar pemilik video.

foto: TikTok/@karachromatic