Brilio.net - Babat merupakan jeroan sapi atau kambing bagian lambung yang bertekstur kenyal. Meski teksturnya keras, cenderung alot, serta baunya kurang sedap, namun babat bisa diolah jadi beragam hidangan lezat dan menggugah selera. Misalnya dimasak gongso, soto, gulai, ditumis, dan banyak lainnya.

Babat perlu dibersihkan dan dicuci dulu sebelum diolah, supaya tidak lagi kotor. Nah, untuk membersihkan kotoran babat memang tidak bisa asal-asalan. Jika tidak, bulu-bulu halus pada babat yang berwarna hitam tetap menempel yang akan membuat masakan kurang menggoda selera.

Nggak sedikit orang kemudian memilih untuk membersihkan babat yang hitam agar putih bersih menggunakan kapur sirih. Cukup lumuri babat dengan kapur sirih dan diamkan selama dua menit.

Kemudian letakkan babat di talenan lalu kerok dengan pisau. Nah, bulu-bulu berwarna hitam pada babat pun bisa rontok. Selain dengan cara tersebut, ternyata ada cara lain untuk membersihkan babat tanpa kapur sirih, lho.

Nggak harus pakai kapur sirih, ini trik mudah membersihkan babat.

Trik membersihkan babat tanpa kapur sirih diungkap pemilik akun YouTube bernama Mbak Ning. Dalam video yang diunggah pada 11 Juli 2022, dia membagikan cara membersihkan babat hitam, hasilnya jadi tampak bersih dan putih.

"Di sini aku mau sharing aja bagaimana cara membersihkan babat dengan mudah tanpa bahan kimia," dikutip BrilioFood dari YouTube Mbak Ning, Senin (10/6).

foto: YouTube/Mbak Ning

Dalam videonya Mbak Ning menggunakan babat sejumlah 500 gram. Kemudian dia pun menunjukkan langkahnya. Pertama-tama, rebus air di panci, untuk takarannya bisa disesuaikan atau secukupnya saja.

foto: YouTube/Mbak Ning

Sembari menunggu airnya mendidih, cuci bersih babat dengan cara dikucek-kucek. Lalu sayat lemak-lemak yang menempel pada babat. Kemudian letakkan babat pada wadah dan siram dengan air mendidih sampai babat terendam.

foto: YouTube/Mbak Ning

Jika sudah terendam, bolak-balik dengan capitan. Lalu siapkan talenan dan letakkan satu lembar babat. Selanjutnya, kerok babat yang masih hitam menggunakan sendok makan.

foto: YouTube/Mbak Ning

Kerok terus dengan sendok sampai babat benar-benar bersih. Pastikan bulu-bulu berwarna hitam itu jadi rontok, ya. Nah untuk bagian pinggirnya kamu bisa mencabutinya menggunakan tangan. Lakukan hingga semua babat selesai dibersihkan.

"Nah semisal masih agak alot kalian bisa siram lagi dengan sisa air panas. Kemudian kita kerok lagi sampai babat bersih dan terkelupas kotorannya ya," ujarnya Mbak Ning.

foto: YouTube/Mbak Ning

Walhasil setelah dilakukan satu per satu, babat pun jadi kinclong dan putih bersih. Nah, kamu bisa memotong babat sesuai selera dan olah menjadi aneka masakan yang menggoda selera.

Telah ditonton lebih dari 1,1 juta kali, unggahan cara membersihkan babat hitam jadi putih bersih tanpa kapur sirih ini mendapat perhatian warganet. Tak sedikit dari mereka terbantu dengan tips yang diberikan oleh Mbak Ning.

"Trimakasih mbak Ning tutorial, cara membersihkan babat tanpa kapur sirih, sehat terus ya mbak Ning dan salam silaturahmi dari Babeh," tulis akun @babehkaktus

"Oo ternyata mudah sekali untuk bersihkan cara macem tu," kata akun @cikcika806

"Masya Allah ternyata praktis banget ya terima kasih ya Bun," komentar akun @dimanfather5803

"Terima kasih dgn tip membersihkan babat sapi," pungkas akun @agustinalebuan-sx8cy