Dilansir BrilioFood dari YouTube GRIYA NANDA PUTRA pada Minggu (19/11), pupuk organik tersebut berasal dari bahan dapur, yakni cangkang telur dan micin. Cara penggunaan nya cukup mudah, langsung taburkan cangkang telur (tidak perlu dihaluskan) ke pot berisi pohon jeruk purut. Lalu pendam sabil gembur-gemburkan tanahnya.

foto: YouTube/GRIYA NANDA PUTRA

Jika sudah diberi cangkang telur, taburkan micin secukupnya. Jadi micin ini tidak perlu dilarutkan dalam air terlebih dahulu, ya. Cukup taburkan saja 1/4 sdt micin ke satu pohon jeruk purut.

foto: YouTube/GRIYA NANDA PUTRA

Dalam video tersebut, pengguna YouTube GRIYA NANDA PUTRA menjelaskan lebih lanjut tentang pupuk kering ini. Dia mengaku tidak melarutkan micin atau cangkang telurnya dengan air karena cuaca sudah memasuki musim penghujan. Jadi nantinya tanah akan tersiram sendiri dengan air hujan. Dengan begitu, cangkang telur dan micinnya akan bekerja lebih maksimal.

Sedangkan jika musim kemarau, micinnya bisa dilarutkan dengan air. Hal tersebut akan membantu tanah menyerap nutrisi secara lebih maksimal. Alhasil, daun yang dihasilkan akan lebih lebat dan lebar.

foto: YouTube/GRIYA NANDA PUTRA

Setelah diberi micin, aduk lagi tanahnya sampai gembur. Dengan begitu, pohon jeruk purut akan semakin subur. Tak hanya bagian daunnya, akar pada pohon jeruk purut juga tidak akan busuk karena diberi pupuk ini.

Lantas untuk hasil maksimal, pemberian pupuk ini cukup dilakukan 1-2 minggu sekali. Sebaiknya jangan terlalu sering karena nantinya tanaman bisa jadi kering atau bahkan busuk. Nah, perawatan yang baik ini akan menghasilkan daun yang berkualitas dan sedap saat dipakai untuk memasak.