Brilio.net - Ikan tak hanya diolah untuk berbagai macam kuliner, namun juga jadi menu lauk andalan keluarga. Teksturnya yang lembut dan kenyal, serta rasanya gurih dan lezat bikin orang suka menyantapnya. Selain mudah didapat, protein hewani ini juga kaya akan nutrisi bermanfaat untuk tubuh.

Sebagaimana dikutip BrilioFood dari laman laman resmi Kementerian Kesehatan, ikan mengandung asam lemak tak jenuh seperti omega, yodium, selenium, fluorida, zat besi, magnesium, zink, taurin, serta coenzyme Q10. Bahkan, kandungan omega-3 pada ikan jauh lebih tinggi dibanding sumber protein hewani lain seperti daging sapi dan ayam, lho.

Proses memasak ikan ini juga bisa dikatakan mudah. Ikan bisa diolah menjadi beragam jenis masakan yang menggugah selera. Nah agar hasilnya nikmat sebelum mengolahnya, usahakan untuk membersihkan ikan dengan benar. Pastikan untuk membersihkan sisiknya, membuang insangnya, dan isi perutnya sebelum dimasak. Agar praktis kebanyakan orang biasanya hanya memberi bumbu marinasi ikan, lalu menggorengnya dengan minyak panas.

Alih-alih ingin mendapatkan nutrisi, cara memasak ikan dengan digoreng ini rupanya bisa bikin vitamin dan omega-3 berkurang, loh. Lalu, bagaimana triknya agar nutrisi tetap terjaga?

foto: TikTok/@dr.fendy.

Hal tersebut pernah dijelaskan oleh dr. Fendy, M. Gizi., M.B.A. dalam salah satu unggahan di TikTok. Ia menyebut bahwa beberapa jenis ikan seperti tuna, makarel, sardin, dan kembung adalah sumber vitamin D dan omega-3 yang baik. Nah jika ikan digoreng, maka sekitar 50 % vitamin D dan 70 % omega-3 dalam ikan akan berkurang atau hilang. Bahkan ia mengungkapkan, ikan yang diolah dengan cara digoreng ini nutrisinya berubah jadi tak sehat.

foto: TikTok/@dr.fendy.

"Parahnya habis digoreng, lemaknya jadi naik 10 kali lipat. Lalu muncul Omega-6, AGE, dan lemak trans yang kurang sehat di dalam ikan," ujarnya dikutip BrilioFood dari TikTok/@dr.fendy.

Menurutnya ada beberapa trik cara memasak ikan supaya tak mengubah nutrisinya dan sehat untuk tubuh. Seperti dikukus, proses memasak ikan ini bisa menjaga kandungan omega-3 yang ada di dalamnya. Lalu bisa juga poaching atau direbus. Teknik ini bisa memperoleh khasiat ikan secara optimal. Selain itu kamu juga bisa memanggang dengan alumunium foil untuk menjaga keutuhan nutrisinya.

Selain cara di atas, ikan bisa diolah dengan cara dipepes, disup, kuah kuning, dipanggang dengan oven atau microwave, dan menggunakan air frying. Jadi kamu ingin mencoba mengolah ikan dengan apa nih?

Sejak diunggah pada 19 Juli lalu, unggahan dr. Fendy ini telah disukai lebih dari 60 kali. Menilik kolom komentar, banyak warganet yang rupanya baru mengetahui hal ini.

"waduh baru tau saya dok, kmren beli ikan kembung saya goreng semua . tapi trsmksh ilmunya next saya kukus aja," ujar akun @alpukat

"alhamdulillah sy kurg suka ikan goreng, lbh suka ikan di masak kuah atau cuma pke serei msa bawah udah mantap. yg penting ikannya msh segar fresh.. bersyukur tinggal ddaerah dkt laut," kata akun @desicendrana

"pantesan temenku kalo bawa bekal selalu ikan kuah kuning ga pernah di goreng," timpal akun @supraITO

"paling bagus ya d kukus ikannya kasik jahe daun salam daun jeruk dll biar gak amis, klo aku d pepes ikan nya pake bumbu merah/kuning enak banget anak pun suka ," pungkas akun @Anak polos.