Pertama-tama, tuangkan dulu sisa santan ke dalam panci. Jika santan masih terlalu kental, bisa ditambahkan dengan sedikit air. Selanjutnya, tambahkan juga sejumput garam. Dilansir dari ncbi.nlm.nih.gov, garam terbukti ampuh membantu mengawetkan bahan makanan karena bisa mencegah pertumbuhan bakteri.

foto: TikTok/@ninazeidin

Rebus santan yang sudah dicampurkan dengan air dan garam tersebut di atas api sedang cukup sampai mendidih saja. Setelah itu, sisa santan yang akan disimpan bisa dipindahkan ke dalam toples maupun cetakan. Nina menggunakan cetakan es batu untuk menyimpan sisa santan ini.

"Tuang pada cetakan, biarkan dingin, simpan di freezer," jelasnya, dikutip BrilioFood dari TikTok @ninazeidin pada Selasa (13/6).

foto: TikTok/@ninazeidin

Saat sewaktu-waktu ingin masak menu makanan bersantan, tinggal ambil satu atau beberapa blok santan dari cetakan. Lalu, santan tersebut bisa langsung dicampurkan pada masakan meskipun dalam keadaan beku, sebab santan akan cepat meleleh saat terkena suhu panas dari api kompor.

foto: TikTok/@ninazeidin

Gimana, praktis banget ya caranya? Mulai sekarang, nggak perlu bingung lagi kalau punya sisa santan karena bisa menyimpannya dengan cara ini, kan? Menilik kolom komentar di unggahan TikTok @ninazeidin, banyak warganet yang tertarik meniru cara ini, lho. Unggahan ini juga sudah ditonton lebih dari 21 ribu kali.

"terima kasih bun tapi ga gumpal2 ga santan nya kl dimasak kembali mkch sekali lagi," tanya TikTok @Ida mursed.

"terima kasih ilmunya saya mau coba selama ini tidak tau selalu langsung di simpan di lemari es mks," ungkap TikTok @Endah Kurniati638.

"Thanks ya tipsnya," kata TikTok @Maya.