Brilio.net - Banyak orang memakai panci untuk memasak berbagai jenis hidangan. Karena bentuk panci yang cekung membuat bahan makanan tidak tumpah saat dimasak.

Tapi karena sering digunakan, panci jadi cepat kotor. Apalagi bagian bawah atau pantatnya yang selalu terkena api kompor secara terus-menerus. Kalau dibiarkan begitu saja, noda gosong di pantat panci akan mengerak sehingga sulit dihilangkan.

Mengetahui hal itu, sejumlah orang sengaja menggosok pantat panci pakai spons kawat. Meski jadi bersih maksimal, namun pantat panci malah bisa penuh goresan karena terkena spons kawat.

Sebagai solusinya, kamu bisa meniru cara membersihkan kerak gosong di pantat panci yang ditunjukkan oleh pengguna YouTube Jojo chanel. Di unggahan videonya, warganet ini hanya mengandalkan satu bumbu dapur.

Penasaran bagaimana caranya?

Dilansir BrilioFood dari YouTube Jojo chanel pada Senin (10/6), satu bumbu dapur yang dipakai adalah garam. Agar lebih bersih maksimal, ia juga menambahkan abu gosok dan deterjen sebagai campuran pembersihnya.

"Campurkan semua bahan dan garamnya ini sekitar 2 sendok saja lur, aduk-aduk rata lagi," jelasnya.

foto: YouTube/Jojo chanel

Di sisi lain, taruh panci secara terbalik. Dengan begitu, pantat panci jadi di atas. Tujuannya, larutan pembersih bisa mudah diaplikasikan ke pantat panci.

foto: YouTube/Jojo chanel

Setelah itu, tuang air secukupnya ke larutan pembersih. Kemudian oles seluruh permukaan pantat panci pakai larutan pembersih yang sudah dibuat.

"Kalau sudah merata, diamkan panci selama 5-10 menit," ucap pemilik video.

foto: YouTube/Jojo chanel

Langsung gosok permukaan pantat panci pakai spons. Tanpa perlu mengeluarkan tenaga ekstra, seluruh kerak gosong langsung terkelupas sempurna.

Lakukan proses yang sama sampai seluruh bagian panci digosok merata. Terakhir, bilas panci dengan air mengalir.

foto: YouTube/Jojo chanel

Hasilnya, panci kelihatan kinclong seperti baru lagi.