Brilio.net - Sebagai bahan makanan yang bergizi dan ekonomis, tahu kerap dipilih sebagai menu makan sehari-hari. Tak hanya kaya gizi dan murah, bahan makanan satu ini juga mudah diolah jadi berbagai macam masakan. Bahkan tahu bisa dimasak dengan cara digoreng, dibakar, ditumis, direbus, atau bahkan dikukus.

Walaupun begitu, penggunaan bumbu saat mengolah tahu juga penting agar hasilnya lebih enak. Sayangnya, dalam beberapa kasus, tahu yang sudah dimasak dengan bumbu sekalipun terasa kecut atau asam. Hal ini biasanya terjadi ketika tahu tidak diolah dengan baik, sehingga masih ada kandungan cuka di dalamnya. Nah, semakin lama disimpan, cuka pada tahu akan semakin terasa dan bikin rasanya kecut.

Pada dasarnya, pengolahan tahu memang melibatkan penambahan cuka di dalamnya. Melansir dari jurnal pangan di laman eprints.ums.ac.id, asam cuka ini berfungsi untuk menggumpalkan sari tahu agar teksturnya lebih padat dan tak mudah hancur. Selain itu, cuka pada tahu juga bertujuan untuk mengurangi bau kedelai yang kuat.

Nah, supaya rasa tahu tidak asam dan lebih tahan lama disimpan, kandungan cuka ini perlu dihilangkan terlebih dahulu. Beruntungnya, seorang pengguna TikTok @melizah615 pernah membagikan cara sederhana dalam menghilangkan cuka pada tahu. Selain nggak bikin kecut, metode ini juga membantu membuat tekstur tahu semakin kenyal saat diolah, lho.

Dilansir BrilioFood dari TikTok @melizah615 pada Kamis (11/7), ada satu bahan dapur yang harus disiapkan terlebih dahulu, yakni garam. Nah, bahan dapur satu ini bisa sangat ampuh menetralkan keasaman yang berasal dari cuka. Selain itu, garam juga membuat tahu semakin gurih, lho.

foto: TikTok/@melizah615

Namun penggunaan garam ini harus diperhatikan agar tahu bisa tahan lama disimpan. Pertama-tama, siapkan panci dan tata tahu di dalamnya. Jika sudah, tuang air sampai tahu benar-benar terendam sempurna.

foto: TikTok/@melizah615

Selanjutnya, taburkan garam dapur secukupnya ke seluruh bagian tahu. Setelah itu, rebus tahu selama beberapa menit. Nah, proses ini akan membuat tahu semakin padat, sehingga tak mudah hancur saat disimpan.

"Cara ini akan menjadikan tahu terasa lebih kenyal dan lebih gurih," ujar TikTok @melizah615.

foto: TikTok/@melizah615

Jika hendak langsung dimasak, tahu yang sudah direbus dengan garam ini bisa ditiriskan. Namun jika kamu ingin menyimpannya sebagai stok, sebaiknya tunggu sampai tahu dan air rebusannya jadi dingin. Setelah dingin, pindahkan tahu ke dalam wadah kedap udara. Lalu tuang air rebusan tadi. Simpan tahu beserta air rebusannya dalam wadah tertutup dalam kulkas, ya.

Karena kandungan cukanya sudah hilang, maka tahu juga lebih awet. Selain itu, air garam yang dipakai sebagai rendaman akan membuat tahu lebih gurih saat dimasak nantinya. Cocok banget buat kamu yang sering nyetok tahu mentah di rumah.