Brilio.net - Lap dapur sangat berguna untuk menyeka tetesan air, minyak, saus, dan noda lainnya. Penggunaan lap dapur juga lebih ramah lingkungan, dibanding harus menggunakan tisu sekali pakai, karena lap bisa digunakan berulang. Kamu juga bisa lebih hemat pengeluaran untuk dapur, karena nggak perlu sering-sering membeli tisu.

Namun, penting untuk mengetahui cara mencuci lap dapur, supaya kondisinya tetap wangi dan higienis. Pasalnya, terkadang banyak noda membandel yang tak akan hilang apabila lap dapur dicuci seperti proses mencuci baju biasanya. Biasanya, agar noda membandel pada lap dapur hilang, kamu harus merendamnya di dalam racikan pembersih selama semalaman.

Nah, buat kamu yang ogah menunggu semalaman, kamu bisa mencoba cara dari pemilik akun TikTok @iichaanissa. Ia sempat membagikan unggahan seputar cara cuci lap dapur kucel tanpa direndam semalaman, nih. Usut punya usut, proses yang dibutuhkan untuk mencuci lap dapur ini kurang lebih 10 menit saja.

"Cuma Rp2.000, bisa menghilangkan minyak dan kotoran," timpalnya, dikutip BrilioFood dari TikTok @iichaanissa pada Rabu (12/6).

Membersihkan lap dapur mengandalkan sitrus.

Pemilik akun TikTok @iichaanissa menjelaskan, modal Rp2.000 ini dipakai untuk membeli sitrun atau citric acid. Yup, sitrun jadi salah satu bahan pembersih untuk mempraktikkan cara cuci lap dapur kucel ini. Tetapi, bisa jadi harga bahan ini berbeda di setiap toko, ya.

Sebelum masuk ke caranya, kamu perlu menyiapkan baskom untuk merendam lap dapur nantinya. Lantas, masukkan sedikit sitrun ke dalam baskom tersebut. Lalu, tambahkan sabun cuci piring. Sabun cuci piring inilah bahan dapur inti buat cuci lap dapur kucel biar kinclong lagi.

Kemudian, larutkan sitrun dan sabun cuci piring dengan air panas. Jika sudah, langsung rendam lap dapur di dalamnya, lalu diamkan sekitar 10 menit atau sampai airnya tak panas lagi.

foto: TikTok/@iichaanissa

Usai direndam, lanjut kucek lap dapur apabila masih ada sisa noda membandel. Kalau sudah benar-benar bersih, bilas lap dapur dengan air bersih, kemudian jemur hingga kering. Warganet akrab disapa Icha ini menjelaskan, lap dapurnya bukan hanya jadi kinclong, tapi juga wangi setelah dicuci dengan cara ini.

foto: TikTok/@iichaanissa