Brilio.net - Noda kunyit adalah salah satu jenis noda yang paling membandel dan sulit dihilangkan, terutama jika mengenai alat masak. Kunyit memiliki pigmen alami yang sangat kuat, sehingga sekali menempel, noda ini bisa meresap ke dalam permukaan alat masak seperti spatula, panci, dan talenan. Membersihkannya memerlukan upaya ekstra dan sering kali melibatkan penggunaan bahan pembersih khusus atau metode tertentu untuk memastikan alat masak kembali bersih.

Namun, jika noda kunyit mengenai pakaian atau baju, tantangannya menjadi lebih besar. Serat kain cenderung menyerap pigmen kunyit dengan cepat, sehingga noda tersebut lebih sulit dihilangkan dibandingkan dengan permukaan alat masak. Pakaian yang terkena noda kunyit memerlukan perawatan khusus. Pasalnya, mencucinya dengan detergen terkadang tidak bisa langsung membuat nodanya hilang. Dalam beberapa kasus, noda kunyit masih meninggalkan bekas yang sulit dihilangkan sepenuhnya.

Untuk mencegah noda kunyit menjadi masalah yang berkepanjangan, penting untuk segera menangani noda tersebut saat masih baru. Kamu bisa menggunakan metode yang dipratikkan oleh pemilik akun Facebook Fitri Rahmawati. Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku menggunakan tiga bahan dapur untuk menghilangkan noda kunyit di baju dengan cepat.

Dilansir BrilioFood pada Rabu (23/10), bahan dapur yang dimaksud adalah sabun cuci piring, baking soda, dan cuka. Selain itu, dia juga menggunakan detergen cair dan air panas. Dengan campuran bahan-bahan ini, noda kunyit di baju bisa hilang meski tanpa disikat, lho.

foto: Facebook/Fitri Rahmawati

Cara pakainya, cukup oleskan sabun cuci piring ke area yang terkena noda. Setelah itu, gosok perlahan menggunakan telapak tangan. Jika sudah, sisihkan terlebih dahulu untuk meracik bahan pembersih yang akan dipakai merendam baju.

foto: Facebook/Fitri Rahmawati

Dalam ember, masukkan detergen cair, baking soda, dan cuka secukupnya. Setelah itu, tuang air panas dan aduk-aduk sampai semua bahan larut. Barulah kemudian, masukkan baju yang sudah diberi sabun cuci piring tadi. Agar nodanya benar-benar rontok, rendam baju selama kurang lebih 15 menit.

foto: Facebook/Fitri Rahmawati

Nah, baju yang sudah direndam akan tampak lebih bersih. Sesaat setelah diangkat, noda kunyit yang sebelumnya mengotori baju sudah benar-benar hilang, lho. Di tahap ini, kamu bisa menguceknya sebentar agar baju semakin bersih. Lalu bilas sampai tidak ada sisa sabun yang menempel. Terakhir, jemur baju hingga kering.

Telah ditonton lebih dari 19 ribu kali, video tentang cara cepat menghilangkan noda kunyit di baju ini sontak menarik perhatian. Menilik kolom komentar, ada sejumlah warganet yang mengaku takjub dengan hasil baju yang begitu bersih usai dicuci. Bahkan noda kunyitnya benar-benar hilang sempurna.

"Semudah itu trnyata ya mba," papar Facebook Priyani.

"Biasanya pas kondangan ini,menu soto pasti kena baju," sahut Facebook Khusnul Khotimah.

"Langsung rontok kinyitnya," kata Facebook Kang Hari.

"Mau coba ah," tulis akun Facebook Aku Ela.

"Lngsung bersih tak tersisa," komentar akun Facebook Arsy Herbal.