Brilio.net - Rice cooker telah lama menjadi alat dapur andalan untuk memasak nasi. Dengan kemajuan teknologi, banyak rice cooker kini mampu memasak berbagai hidangan selain nasi. Memasak dengan rice cooker sangat praktis karena memungkinkan kamu melakukan aktivitas lain.

Meskipun sering digunakan, biasanya hanya panci rice cooker yang rutin dibersihkan karena langsung menampung nasi saat dimasak. Sementara itu, bagian dalam body rice cooker sering diabaikan. Padahal, bagian dasar rice cooker ini bisa menjadi kotor akibat gosong dan berkerak.

Noda di dasar rice cooker sulit dibersihkan hanya dengan air dan sabun. Jika salah cara, ada risiko merusak elemen pemanas di dalam rice cooker.

Nah, biar kinclong lagi, kamu bisa mencoba cara yang dibagikan akun YouTube Brilio Video Indonesia, nih. Dalam sebuah video, dijelaskan kalau ada bahan tertentu yang dapat mengangkat noda di dasar rice cooker dengan cepat dan efektif.

foto: YouTube/Brilio Video Indonesia

Bahan yang dimaksud adalah sabun cuci piring, baking soda, dan citric acid (sitrun). Campurkan ketiga bahan ini di sebuah mangkuk dengan takaran masing-masing 1 sdm. Setelah itu, tambahkan juga 2 sdm air untuk memudahkan bahan-bahan larut dan rata. Aduk sampai tercampur rata.

"Campuran bahan tersebut akan menghasilkan cairan yang sangat berbusa dan panas kalau kena kulit, jadi hati-hati, ya," jelas YouTube Brilio Video Indonesia, dikutip BrilioFood pada Senin (7/10).

Selanjutnya, aplikasikan cairan pembersih sedikit demi sedikit ke bagian dalam rice cooker secara merata. Lantas, diamkan 30 menit. Usai didiamkan, gosok dasar rice cooker tersebut menggunakan spons cuci piring ataupun sikat gigi agar nodanya lebih mudah dihilangkan dengan cepat.

foto: YouTube/Brilio Video Indonesia

Kalau dirasa seluruh noda sudah terangkat, saatnya membersihkan semua kotoran dan sisa cairan pembersih. Cara membersihkannya pun bukan langsung dibilas dan disiram dengan air karena bisa merusak mesin rice cooker. Alih-alih begitu, gunakan kain bersih yang dibasahi dengan sedikit air, kemudian seka secara bertahap sampai bagian dalam rice cooker bersih.

foto: YouTube/Brilio Video Indonesia

Hasilnya, bagian dalam rice cooker jadi kinclong banget, kan? Gimana, kamu penasaran ingin mencoba cara ini di rumah? Mengintip unggahan milik YouTube Brilio Video Indonesia, banyak pula warganet yang antusias lho, terbukti dari penontonnya yang sudah mencapai 268 kali.