Brilio.net - Memang sudah banyak alat parutan kelapa otomatis dijual di pasaran. Namun, alat parutan kelapa manual masih jadi andalan banyak ibu rumah tangga untuk memasak. Tetapi, alat parutan kelapa seringkali cepat patah, rusak, ataupun berkarat.

Hal ini juga dialami oleh pengguna akun TikTok @panggilsajasutis. Pria yang akrab disapa Sutis ini mendapati parutan kelapa milik ibunya sudah sangat berkarat dan tak layak digunakan. Alih-alih beli parutan baru, ia memilih membuatnya sendiri di rumah.

foto: TikTok/@panggilsajasutis

Sutis menjelaskan, ia cuma mempersiapkan modal alat-alat sederhana utnuk bikin parutan kelapa sendiri. Usut punya usut, salah satu alatnya bisa didapatkan di dapur, lho. Jadi, kamu nggak perlu modal besar untuk membuat parutan kelapa.

foto: TikTok/@panggilsajasutis

Nah, alat-alat yang kamu butuhkan yakni kayu, paku, dan kaleng bekas. Yup, kaleng inilah alat dapur yang sudah tak dipakai sebagai modal utama untuk membuat parutan kelapa. Pemilik akun TikTok @panggilsajasutis menggunakan kaleng bekas susu kental manis. Potong dan lepaskan dulu bagian atas dan bawah kaleng tersebut.

foto: TikTok/@panggilsajasutis

Selanjutnya, potong salah satu sisi kaleng agar bisa dibentangkan jadi lurus. Kemudian, pinggiran kaleng tersebut bisa ditekuk perlahan. Lalu, tusuk-tusuk permukaan kaleng dengan paku agar bisa digunakan untuk memarut kelapa.

"Halo ges, untuk melubangi bisa pakai paku ukuran yang bebas ya ges tentunya sesuai kebutuhan, kalo yang aku buat ini untuk parutan halus ges," jelas Sutis, dikutip BrilioFood dari TikTok @panggilsajasutis pada Minggu (11/8).

foto: TikTok/@panggilsajasutis

Setelah kaleng disulap jadi parutan, rangkai pinggirannya dengan potongan kayu sesuai selera. Agar lebih kokoh, rangkaian kayu pinggiran alat parutan ini bisa disambungkan dengan paku. Sutis juga menambahkan kayu yang sudah dipoles sebagai pegangan alat parutannya, sehingga teksturnya lembut saat digenggam.